ADAKITANEWSP-tenggelamJalan Kalimosodo, Madiun – Sebanyak 5 anak di RT 11, Kelurahan Josenan, Kecamatan Taman Kota Madiun, terserang penyakit demam berdarah (DB) sejak pekan lalu. Namun, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat belum melakukan tindakan apa pun dan lurah setempat juga baru melaporkan kejadian itu. Bahkan, penderita sempat menjalani perawatan di RSUD Sogaten selama beberapa hari.

“Sebanyak 5 anak terserang DB, 2 diantaranya yaitu Verda Melisia,14, dan Div,7, adalah cucu sendiri. Keduanya, sudah keluar dari RSUD Sogaten setelah mendapatkan perawatan selama 4 hari. Verda itu kelas I SMP dan Diva kelas I SD. Anak tetangga juga kena ada 3 anak, termasuk seorang balita, sekarang masih dirawat di Sogaten (RSUD Sogaten),” ujar Ngadirin, Kamis (23/4).

Menurutnya kejadian ini sudah dilaporkan kepada ketua RT setempat dan diteruskan ke kelurahan. Namun, hingga kini belum ada tindakan apa pun seperti fogging (pengasapan) atau tindakan lain dari pemerintah atau Dinkes Kota Madiun. Padahal, laporan mengenai adanya warga terserang DB, sudah dilakukan beberapa hari lalu.

Terpisah, Kepala Kelurahan Josenan Basari mengatakan pihaknya sudah melaporkan hal ini kepada Dinkes, Rabu (22/4). Sesuai prosedur setelah mendapatkan laporan, biasanya Dinkes melakukan survey lebih dulu ke lokasi. “Setelah itu, baru diambil tindakan. Biasanya, petugas dari Puskesmas melakukan survey terlebih dulu sebelum melakukan tindakan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota Madiun, Vita, ketika dikonfirmasi wartawan mengenai perihal tersebut, enggan berkomentar.  “Langsung ke kepala dinas saja, ya,” ujar Kabid P2PL Dinas Kesehatan Kota Madiun Vita singkat. Sedangkan, Kepala Dinkes dr Wardhani ketika dihubungi, ponselnya tidak bisa dihubungi. (UK)

Keterangan Gambar : Inilah lokasi atau keberadaan sejumlah warga Jalan Kalimosodo atau RT 11, Kelurahan Josenan, Kecamatan Taman, Kota Madiun, terkena serangan DB. Dua anak sudah sembuh dan 3 lain masih menjalani perawatan di RSU Sogaten

Tags: