AdaKitaNews Daerah 5 Raperda Tentang Desa Rampung Dibahas

5 Raperda Tentang Desa Rampung Dibahas

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidoarjo akhirnya merampungkan pembahasan 5 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang desa. Kelima Raperda tersebut kemudian disahkan menjadi Perda (Peraturan Daerah) dalam agenda Rapat Paripurna, Kamis (23/06).

Kelima Raperda itu adalah tentang Pembentukan Produk Hukum Desa dan Raperda tentang Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa yang dibahas oleh Panitia Khusus (Pansus) II, Raperda tentang Kerjasama Desa dan Raperda tentang Kedudukan Keuangan Kepala Desa dan Perangkat Desa yang dibahas oleh Pansus III, dan Raperda tentang Penataan Desa dan Kelurahan yang dibahas oleh Pansus X.

Usai disahkan menjadi Perda, Pansus kemudian merekomendasikan kepada Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah untuk segera membuat Peraturan Bupati (Perbup). Seperti yang disampaikan Juru Bicara Pansus II, H Ali Sutjipto yang membahas Raperda tentang Pembentukan Produk Hukum Desa dan tentang Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa.

“Pansus II merekomendasikan agar Perda Nomor 9 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyusunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa dan Perda Nomor 2 Tahun 2009 tentang Pedoman Pembentukan dan Mekanisme Penyusunan Peraturan Desa untuk dicabut,” ujarnya saat menyampaikan lapoaran Pansus II.

Hal senada juga disampaikan oleh juru bicara Pansus III, Hadi Subiyanto dan juru bicara Pansus X, Muhammad Roijk yang merekomendasikan agar Pemkab Sidoarjo segera membuat Perbup sekaligus melakukan sosialisasi terhadap Perda yang telah disahkan.(kur)

Keterangan gambar: Penandatanganan Perda oleh Pimpinan DPRD Kabupaten Sidoarjo dan Bupati Sidoarjo, Kamis (23/06).(foto: kurniawan)