width=

ALima Rumah Warga Di Pacitan Tertimpa Tanah Longsor. 1DAKITANEWS, Pacitan – Longsor kembali terjadi di Kabupaten Pacitan, Sabtu (11/06) sore lalu, mengakibatkan lima rumah di dua Kecamatan mengalami kerusakan karena diterjang material longsor. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam tragedi tersebut.

Komandan Kodim (Dandim) 0801 Pacitan Letkol (Inf) Yudhi Diliyanto menjelaskan, hampir dua jam hujan deras mengguyur Kecamatan Nawangan dan Kecamatan Arjosari. Akibatnya, sekitar pukul 16.00 Wib bencana longsor terjadi dan menimpa sejumlah rumah warga.

“Dilaporkan dari Koramil setempat, sejak pukul 13.30 WIB hingga pukul  15.00 WIB, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kecamatan Nawangan dan Kecamatan Arjosari. Lalu, pukul  16.00 hingga 17.00 WIB, terjadi bencana longsor menimpa beberapa rumah,” jelasnya

“Pemilik rumah sudah meninggalkan rumah sebelum longsor terjadi. Sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugian ditaksir hingga puluhan juta rupiah,” imbuh Dandim Pacitan

Data yang dihimpun, rumah warga yang tertimpa longsor diantaranya rumah  Seri di Dusun Semen RT 1/RW 3 Desa Gondang Kecamatan Nawangan. Kondisi dinding rumah bagian belakang jebol dengan lebar 4 meter dan kandang ternak roboh  terpimpa material longsoran dari atas rumah setinggi 5 meter dan lebar 6 meter. Kerusakan ini kerugian ditaksir sekitar Rp  5 juta.

Selanjutnya, rumah Seni, 50, di Dusun Tenggar RT 2 RW 4 Desa Temon, Kecamatan Arjosari, tembok samping kanan jebol lebar 6 meter tertimpa material longsoran dari tebing berada di atas rumah setinggi  7 meter dan lebar 10 meter dengan kerugian ditaksir Rp 6 juta.

Rumah Bejo Dusun Tenggar  RT 3 RW 5 Desa Temon, Kecamatan Arjosari,  longsoran menimpa dapur terbuat dari papan sehingga mengakibatkan jebol lebar 4 meter tertimpa meterial longsoran dari tebing di atas rumah dengan tinggi longsoran 5 meter dan lebar 8 meter kerugian Rp  4 juta.

Rumah Giyem Dusun Tenggar RT 3/RW 5 Desa Temon, Kecamatan Arjosari, dapur rumah terbuat dari papan jebol sekitar 6 meter. Tertimpa material longsoran dari tebing berada di atas rumah setinggi 5 meter dan lebar 8 meter kerugian Rp 4 juta rupiah.

Disusul  rumah Surti Dusun Semen RT 1/RW 3 Desa Gondang, Kecamatan Nawangan, dinding rumah bagian belakang jebol kerugian Rp 5 juta. Warga setempat secara bergotong royong menyelamatkan barang-barang yang tertimpa material longsoran.

“Evakuasi dan pembersihan longsor sementara kita berhentikan dulu karena sudah gelap dan akan kami lanjutkan besok pagi. Sementara, warga terdampak longsor sudah mengungsi di rumah kerabat yang lebih aman,” tandas Dandim 0801 Pacitan.(Uk)

Keterangan Gambar : Salah satu rumah yang terkena longsor di dua kecamatan di Kabupaten Pacitan. (Foto: Agoes Basoeki)