width=

ADAKITANEWS, Blitar – Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Blitar digelar di Kecamatan Talun dan diikuti oleh sekitar 500 atlet muda, yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

Wakil Bupati Blitar, Marhaenis Urip Widodo mengaku memberikan apresiasi adanya kegiatan yang dilakukan tiap tahun ini. Ia pun berharap melalui O2SN, akan memunculkan atlet terbaik dari Kabupaten Blitar yang kemudian bisa mewakili Kabupaten Blitar di tingkat Provinsi.

“Olimpiade ini kan jenjangnya masih Sekolah Dasar. Jadi kita harapkan melalui O2SN ini akan muncul atlet terbaik yang bisa mewakili kita di tingkat Provinsi,” katanya setelah usai upacara pembukaan O2SN di lapangan Bendosewilu Kecamatan Talun, (22/03).

Dengan dukungan penuh dari semua pihak, nantinya juga diharapkan akan ada perwakilan atlet dari Kabupaten Blitar di tingkat nasional. Menurut Marhaenis, pembinaan dini perlu dilakukan secara terus menerus agar harapan ini bisa terwujud. “Tentu setelah mewakili tingkat Provinsi, kita harapkan akan ada atlet kita di tingkat Nasional. Ya ini juga harus melalui pembinaan dari Pemerintah Daerah,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusuma mengatakan, agenda tahunan ini diikuti 22 UPTD dan sekitar 500 atlet tingkat SD se-Kabupaten Blitar. “O2SN ini juga merupakan tujuan Nasional Pendidikan. Di samping kecerdasan intelektual, juga harus diimbangi dengan psikomotor. Oleh sebab itu kegiatan ini sangat penting dilakukan rutin tiap tahun,” kata Budi.

Menurut Budi, peran orang tua untuk menunjang anak mereka dalam Olimpiade ini sangat luar biasa. Terbukti para orang tua mengantarkan anaknya untuk mengikuti lomba. “Peran orang tua sangat luar biasa. Dengan kondisi ini bukan tidak mungkin akan ada atlet yang mewakili Kabupaten Blitar di tingkat Nasional,” ungkapnya.

Untuk diketahui, diantara cabang olahraga yang dipertandingkan pada O2SN kali ini adalah sepakbola, sepak takraw, voly, tenis meja, bulutangkis, atletik, renang, dan silat.(blt2)

Keterangan gambar: Marhaenis Urip Widodo, Wakil Bupati Blitar saat upacara pembukaan O2SN di lapangan Bendosewu Kecamatan Talun Kabupaten Blitar.(foto : fathan)