Blitar(adakitanews.com)—Pelanggaran penerapan protokol penggunaan masker di Kota Blitar tampaknya masih tinggu. Dalam dua jam Operasi Yustisi Penggunaan Masker di Jalan Merdeka, Kota Blitar, Petugas Gabungan Polres Blitar Kota, Satpol PP dan TNI menemukan 68 orang melakukan pelanggaran.

“Hari pertama ini, selama dua jam kita mendapatkan 68 orang melakukan pelanggaran. Untuk hari pertama ini kita sita sebanyak 49 KTP dan 19 pelanggar kita berikan teguran,” ungkap Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard.

Sebanyak 68 pelanggar tersebut mendapatkan sanksi penyitaan KTP dan teguran. Petugas menyita sebanyak 49 KTP karena mereka tidak menggunakan masker. Sementara 19 pelanggar mendapatkan teguran karena menggunakan masker yang tidak tepat.

AKBP Leonard menegaskan pada hari pertama ini petugas belum memberikan sanksi pidana berupa tindak pidana ringan (tipiring). Mulai Selasa (15/9/2020) petugas gabungan akan melakukan sanksi pidana dengan sidang ditempat.

Petugas telah berkoordinasi dengan Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Blitar mengenai mekanisme penegakan hukum ini. Berapa jumlah denda yang diterapkan dan mekanisme pemeriksaan.

“Mulai Selasa (15/9/2020) kita terapkan tindakan hukum berupa pidana ringan (tipiring). Kita akan menggelar sidang ditempat,” tegas AKBP Leonard.(Rosh).