Kediri(adakitanews.com)—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020, Kamis (17/9) malam.

Hasil pemeriksaan tersebut menyatakan jika bapaslon Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa (Dhito-Dewi) memenuhi syarat kesehatan.

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Anwar Ansori menjelaskan, hasil pemeriksaan tersebut disampaikan dalam rapat pleno dan hasilnya disampaikan ke KPU Kabupaten Kediri.

Pada pukul 19.00 WIB, KPU Kabupaten Kediri menyampaikan kepada bakal pasangan calon, dan hasilnya memenuhi syarat.

Anwar mengatakan bahwa pelaksanaan pemeriksaan kesehatan jasmani meliputi pengambilan darah, NAPZA, pemeriksaan radiologi, jantung, saraf, gigi, paru, telinga dan mata.

Seluruh pemeriksaan kesehatan tersebut memenuhi syarat dan bapaslon bisa mengikuti tahap selanjutnya.

“Bakal pasangan calon ini mengikuti proses berikutnya, yaitu rapat pleno terbuka pada 19 September, berkaitan hasil verifikasi syarat calon,” ujarnya.

Jika syarat sudah sah, lanjutnya, maka tidak perlu sehingga tinggal penetapan pasangan calon yang akan dilaksanakan pada 23 September.

Pada penetepan calon tersebut, KPU akan menetapkan jika Pilkada Kabupaten Kediri ini hanya ada satu calon.

“Pada penetapan tersebut, kami akan mengumumkan Pilkada Kabupaten Kediri satu calon,” imbuhnya.

Sementara itu, bapaslon Bupati Kediri 2020 mengatakan, setelah menerima hasil tes kesehatanpihaknya akan mempersiapkan tahap berikutnya yaitu kampanye.

Pihaknya menunggu peraturan dari KPU mengenai bagaimana prosedur kampanye di masa pandemi ini.

“Jika kami datangkan massa, maka akan melanggar protokol kesehatan. Namun jika kami tidak bertemu dengan masyarakat, kami tidak bisa bersosialisasi dengan baik,” tuturnya.(Nu).