Blitar(adakitanews.com)—Penerapan protokol kesehatan menjadi salah satu atensi perhatian bagi Polres Blitar Kota dalam pelaksanaan tahapan Pilkada 2020. Bawaslu Kota Blitarpun mengejak seluruh peseta pemilu mulai dari Paslon Walikota Blitar dan tim sukses melakukan deklarasi Pilkada Sehat dan Jurdil

“Pelaksanaan Pilkada Kota Blitar kali ini berada di tengah pandemi covid 19, dimana protokol kesehatan diharapkan agar benar benar di patuhi oleh seluruh pihak yang terkait dalam pelaksanaan Pilkada Kota Blitar,” ungkap AKBP LeonardLeonard, Rabu (23/9/2020).

Dalam sambutannya AKBP Leonard mengapresiasi inisiatif Bawaslu Kota Blitar dalam kegiatan deklarasi dan penandatangan pakta integritas. Harapan Paslon dan tim suksesmya berkomitmen untuk menjaga situasi kota blitar yang kondusif dan meminimalisir terjadinya penyebaran covid 19 di kota Blitar.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela mengatakan acara deklarasi tersebut agar Paslon melakukan kepatuhan protokol kesehatan ini bertujuan sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Blitar. Penerapan protokol kesehatan ini wajib dilaksanakan selama kampanye pilkada tersebut direncanakan berlangsung pada 26 September.

Hadir dalam deklasi tersebut diantaranya Polres Blitar Kota, dua pasangan calon Bupati Blitar yang akan bertarung dalam Pilkada. Selain itu hadir pula tim sukses kedua bakal calon, KPU Kota Blitar, Bawaslu Kota Bliat dan perwakilan partai pengusung.

AKBP Leonard mengungkapkan pihak kepolisian akan terus memantau setiap tahapan pemilu. Apakah pelaksanaan tersebut telah mematuhi protokol kesehatan. Selain itu Polres Blitar Kota juga menghimbau agar kedua bakal calon tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan massa.

“Yang pasti kita akan terus melakukan pengawasan dalam setiap pelaksanaan tahapan Pilkada. Kita tidak ingin ada pelanggaran protokol kesehatan sehingga mengakibatkan munculnya klaster baru,” tegasnya.(Roch)