Kediri(adakitanews.com)—Kabar mengejutkan terjadi di pesepakbolaan Indonesia. Di mana, kompetisi di tahun 2020 ini dipastikan tidak kembali digelar atau ditiadakan dan akan dimulai kembali pada awal tahun 2021 mendatang.

Komite Eksekutif (Exco) PSSI secara aklamasi memutuskan menunda kompetisi Liga Tanah Air, baik Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 pada tahun 2020. Sedangkan rapat pada jajaran Exco PSSI tersebut digelar secara sirkuler pada Rabu (28/20/2020).

Berdasarkan keterangan laman resmi milik PSSI menjelaskan jika kompetisi tahun 2020 dilakukan penundaan lantaran pihak kepolisian belum memberikan izin, kompetisi.

“Rapat Exco PSSI menghasilkan keputusan bahwa PSSI menunda seluruh kompetisi yakni Liga 1,2,dan 3 pada tahun 2020 ini. Selanjutnya kompetisi akan dimulai lagi pada awal 2021 mendatang,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mrngutip dari laman PSSI.

“PSSI akan memberikan kewenangan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 dan 2 untuk mencari formula, format, dan sistem kompetisi terhadap keputusan PSSI tersebut,” imbuhnya.

PSSI berharap kompetisi dapat bergulir dengan protokol kesehatan yang ketat karena masih dalam pandemi Covid-19. Panduan protokol kesehatan untuk kompetisi pun sudah dibuatkan regulasinya serta diberikan kepada klub.

Diketahui sebelumnya, jika PSSI selaku induk sepakbola tanah air dan PT LIB selaku operator liga sempat memutuskan jika kompetisi kembali digelar pada awal Oktober 2020. Namun upaya untuk melanjutkan kompetisi liga tersebut harus gagal secara dramatis disaat satu hari jelang kompetisi liga digelar justru kepolisian tidak memberikan izin keramaian lantaran kondisi tanah air masih dilanda pandemi Covid-19.(Oky)