Kediri(adakitanews.com) — Menurut Kabid Penempatan Tenaga Kerja (PTK) Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja (Dinkop UMTK) Kota Kediri, Basuki, kemampuan dasar harus ditingkatkan untuk menghadapi dunia kerja.

Tidak hanya para pencari kerja (pencaker), namun juga mereka yang mulai merintis maupun sudah mengelola usaha. Pasalnya tanpa kemampuan dasar, usaha yang digeluti satu dengan lainnya akan sama.

“Misalnya seperti yang digalakkan kali ini ada pelatihan bagi pencaker dan mereka yang terkena dampak pandemi, menerima pelatihan barista kafe,” ujarnya, Selasa (10/11/2020).

Basuki mengatakan, bidang ini perlu mendapat dukungan karena hampir ditiap sudut Kota Kediri terdapat kafe. Namun, tanpa kemampuan dasar yang memadai, menu yang disajikan tidak berfariasi.

Dengan adanya pelatihan barista, lanjutnya, para peserta pelatihan ini diharapkan mengerti bagaimana cara menyajikan minuman dengan bahan dasar kopi.

“Ada alat-alatnya, ada caranya, ada takarannya. Jadi, tidak sekadar menyeduh saja. Dari sini, kami harap akan ada kreasi baru dari kopi dan kami melihat ini sebagai peluang bagi masyarakat,” ujarnya.(Oky).