Kediri(adakitanews.com) — Pengguna media sosial (medsos) heboh dengan munculnya video seorang pencinta tanaman hias menukar mobilnya jenis mini bus (Avanza) dengan empat tanaman hias yaitu philodendron florida beauty, strawberry shake variegata, caramel marble variegata dan caladium. Aksi mereka pun seketika menyita perhatian publik.

Dalam video berdurasi 15 detik tersebut, terlihat di sana suatu momen transaksi antara pemilik mobil dengan pemilik tanaman hias. Si pemilik mobil resmi menukar mobilnya dengan empat jenis tanaman hias.

“Deal ! Sebuah unit mobil avanza ditukar dengan Philo dan Caladium,” kata si perekam video. Kemudian, terdengar suara mengatakan, “Deal, ya ? Deal.”

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, transaksi tersebut terjadi di daerah Kediri Jawa Timur.

Si pemilik mobil Avanza adalah Iqbal Akbar Mohammad (23), asal Desa Sumber Doko, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri.

Saat ditemui di kediamannya, Iqbal pun menerangkan alasannya mengapa ia sampai melakukan transaksi tersebut.

Menurutnya, selain jenis tanaman hias tersebut termasuk jenis tanaman langka juga digemari di luar negeri atau berkelas internasional. Atas dasar itulah membuat harga dari tanaman hias ini sangat mahal dan sepadan bila ditukar dengan mobil.

“Sebenarnya ini merupakan kepuasan tersendiri bagi saya pribadi sebagai penghobi tanaman hias. Selama harga itu menurut saya bisa saya beli kenapa tidak. Karena sebenarnya ke empat tanaman hias ini bisa dibilang langka dan bagus,” ujarnya, Selasa (17/11/2020).

Menurut Iqbal, tanaman hias yang dibeli ini akan dilakukan pembesaran dan pengembangan lantaran varietas yang di dapat tersebut merupakan kualitas super.

“Kami lkukan pengembangan. Karena untuk mendapat tanaman hias seperti ini sangat sulit. Mungkin kalau dibilang dari 100 jenis tanaman hanya ada satu tanaman yang seperti ini. Makanya kalau seperti ini tidak mungkin kami dapat dua kali. Kemudian untuk ke depannya, kami bisa jual anak-anakannya,” katanya.

Iqbal mengatakan, jika tindakan yang sama seperti ini tak hanya dilakukan sekali, dia mengaku telah melakukan barter beberapa kali dan sudah lama menjadi kolektor tanaman hias.

Bahkan, saat ini Iqbal juga membantu usaha tanaman hias milik kakaknya sebagai pemasaran.

Sebenarnya, kata Iqbal, tanaman hias di video viral tersebut bisa dibelinya dengan uang. Tetapi, pihak yang bersangkutan saat itu menginginkan mobil.

Dengan demikian, Iqbal pada akhirnya menawarkan mobilnya kepada pihak pemilik tanaman hias yang sebenarnya itu juga merupakan teman sesama penghobi tanaman hias.

“Sebenarnya saya mengincar lama. Nah, pas bersamaan teman saya itu butuh mobil, akhirnya kesepakatannya memang tukar tanaman dengan mobil, jadi sesuai kesepakatan saja,” jelasnya.

“Jadi perlu diketahui, saya jelaskan satu saja contoh tanaman hias seperti philodendron florida yang saya dapat ini memiliki size besar. Sedangkan wajarnya, Philodendron kebanyakan berukuran kecil. Disisi lain, Philo ini memiliki variegata (perbedaan warna dari aslinya) yang konsisten. Nah cari yang konsisten ini susah. Makanya harganya bisa mahal,” imbuhnya. (Oky).