width=

Kediri(adakitanews.com)—Pascapenemuan arca di Dusun Dorok Desa Manggis Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) meninjau lokasi area penemuan, Senin (18/1/2021).

Menindaklanjuti penemuan tersebut, rombongan BPCB Jatim bersama Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri, Camat Puncu, dan Kepala Desa Manggis segera mendatangi lokasi penemuan.

Kepala BPCB Jatim, Zakaria Kasimin yang meninjau langsung ke lokasi berterimakasih kepada Sukarno, selaku penemu arca purbakala.

“Pak Sukarno ini menemukan lima artefak berupa arca yang diduga berasal dari kerajaan Hindu,” ucapanya.

Menurut Zakaria, BPCB masih melakukan identifikasi terkait penemuan artefak arca tersebut, apakah terkait dengan candi Dorok atau tidak.

BPCB, lanjutnya, juga menyarankan penemuan kelima arca ini diserahkan ke Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri.

“Saya mengharapkan 5 arca ini ditaruh di Museum Kabupaten Kediri, karena di museum ada anggaran untuk perawatan dan konservator. Lantaran, meletakkan arca ini tidak sembarangan,” ujarnya.

Sebagai diketahui, Lukas Tunggal Ketua RT 01 RW 3 menyampaikan salah satu warganya menemukan benda purbakala berupa arca saat menggali tanah untuk keperluan menanam.

Kelima arca yang ditemukan itu diduga adalah Arca Ganesha, Agastya, Siwa, Dewi Parwati dan Mahakala. Penemuan itu terjadi pada November 2020.(gar).