ADAKITANEWS, Nganjuk – Ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Nganjuk akhirnya diberangkatkan ke tanah suci Mekkah untuk menunaikan rukun Islam yang kelima yakni ibadah haji, Jumat (19/08). Pemberangkatan diiringi isak tangis keluarga. Namun, ada enam CJH yang batal berangkat, empat diantaranya karena meninggal dan dua lainnya karena sakit.

Bertempat di Pendopo Pemkab Nganjuk, sebanyak 430 CJH asal Kabupaten Nganjuk diberangkatkan oleh Pemerintah Daerah setempat. Dari ratusan CJH tersebut, banyak diantaranya yang terlihat dalam kondisi sakit. Bahkan untuk berjalan, ada yang terpaksa digandeng atau menggunakan tongkat penyangga. Salah satunya CJH yang mengalami patah kaki bahkan harus menggunakan kursi-roda namun tetap berangkat untuk memenuhi panggilan Ilahi ke tanah suci.

Pelepasan para CJH tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Nganjuk, H Taufiqurahman. Isak tangis keluarga, terlihat mengiringi keberangkatan para tamu Allah itu. Sambil merangkul dan memeluk, anggota keluarga tak henti-hentinya menangis karena akan ditinggal orang tua mereka ke tanah suci.

“Hanya 430 Calon Jemaah Haji yang diberangkatkan ke tanah suci. 4 calon jemaah meninggal dan 2 lainnya sakit,” terang Bupati Nganjuk.

Rencananya, ratusan CJH asal Nganjuk itu akan tiba di Asrama Haji Sukolilo pada Jumat (19/08) sore dan akan diberangkatkan menuju Mekkah pada Sabtu (20/08) pukul 10.00 WIB.(Jati)