ADAKITANEWS, Kediri – Fenomena alam amblesnya 61 sumur tua di Dusun Dorok, Dusun Nanas, dan Dusun Jambean Desa Manggis Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri pada Kamis (27/04), membuat sebagian warga ketakutan. Warga takut kemungkinan bertambahnya jumlah sumur yang ambles, hingga dikhawatirkan berdampak ke perumahan penduduk.

Belum ada kepastian penyebab amblesnya puluhan sumur tersebut. Hingga saat ini petugas dari Kepolisian, TNI dan Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih melakukan penyelidikan dibantu oleh masyarakat setempat.

“Amblesnya sumur tua tersebut dari laporan masyarakat sejak hari Senin tanggal 24 April 2017,” ucap Sujianto, petugas dari Polsek Puncu.

Namun untuk mengetahui lebih lanjut, Sujianto mengarahkan agar berkordinasi dengan pihak yang lebih berkompeten dalam penanganan fenomena alam tersebut.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, Senin (24/04) lalu telah ada sekitar 6 sumur yang ambles. Namum keesokan harinya, jumlah tersebut terus bertambah hingga mencapai 17 sumur yang ada di 2 Dusun, yakni Dorok dan Nanas. Hingga data terakhir pada Kamis (27/04) siang, sudah tercatat ada 61 Sumur yang ambles. “Melihat banyaknya jumlahnya sumur tua yang ada di wilayah tersebut, maka kemungkinan jumlah yang ambles akan bertambah,” ungkap salah arti warga yang enggan disebutkan namanya.

Sementara untuk mengantisipasi kejadian yang tidak dinginkan, untuk warga diiimbau agar menjauh dari lokasi sumur yang ambles. “Informasinya untuk kejadian fenomena alam amblesnya sumur ini akan diteliti dulu oleh petugas dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG),” ujar perangkat Desa setempat.

Karena banyaknya Sumur yang ambles ini, maka beberapa masyarakat sudah ada yang mulai mengeluh karena takut akan kesulitan mendapatkan air bersih.(udn)

Keterangan gambar : Petugas saat di TKP.(foto:Rianto)