ADAKITANEWS, Blitar – Sebanyak 7 anak binaan Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Blitar mengikuti Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs yang mulai digelar hari ini, Selasa (02/05). 6 anak diantaranya mengikuti UN bersama ratusan siswa lainnya di SMP Negeri 01 Garum. Sedangkan 1 anak binaan, mengikuti ujian nasional di dalam LPKA.

Didampingi 3 petugas dari LPKA, keenam anak binaan tersebut sampai di SMP Negeri 01 Garum sekitar pukul 10.00 WIB atau setengah jam sebelum ujian nasional dimulai pukul 10.30 WIB. Kasi pembinaan LPKA Blitar, Andik Ariawan mengatakan bahwa keenam anak yang mengikuti UN di SMP Negeri 01 Garum tersebut memang sudah terdaftar di Daftar Nominatif Tetap (DNT) di Sub Rayon 09 di SMP Negeri 01 Garum, sebagai siswa titipan LPKA di SMP Agroganik Garum. Sedangkan satu anak binaan yang mengikuti UN di dalam LPKA, masuk dalam DNT di sub Rayon SMP Negeri 01 Ponggok.

“Yang ikut di SMP Negeri 01 Garum ada enam anak, sedangkan yang satu mengikuti UN di dalam LPKA karena sub rayonnya berbeda,” kata Andik Ariawan, Selasa (02/05).

Ketujuh anak itu, lanjut Andik Ariawan, berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur. Diantaranya dari Jombang, Sidoarjo, Tulungagung, dan Kediri. Mereka merupakan anak binaan yang melanggar UU Perlindungan Anak, pencurian, dan pembunuhan. Andik juga memastikan, ketujuh anak binaan ini sudah siap mengikuti UN. Karena selama di dalam LPKA mereka tetap mendapatkan pelajaran dari guru yang didatangkan LPKA selama 3 jam per harinya. “Meski sedang menjalani pembinaan, hak untuk mendapatkan pendidikan harus tetap diberikan. Karena bagaimanapun juga mereka memiliki masa depan sama dengan anak-anak lainnya,” jelasnya.

Sementara itu berdasarkan keterangan Kepala SMP Negeri 01 Garum Samudji, ada tiga sekolah yang pelaksanaan ujian nasionalnya digabung di sekolahnya. Diantaranya SMP Ma’arif NU Garum, SMP PGRI Garum, dan SMP Agroganik Garum. “Ada tiga sekolah yang pelaksanaannya digabung di SMP Negeri 01 Garum, satu diantaranya adalah enam siswa dari SMP Agroganik Garum yang merupakan anak binaan dari LPKA Blitar,” jelasnya, Selasa (02/05).(blt2)

Keterangan gambar: Suasana Ujian Nasional di SMP Negeri 01 Garum.(foto : fathan)