2015-08-01_11.29.20

ADAKITANEWS, Nganjuk – Kebakaran hebat terjadi di pemukiman padat penduduk yang berada di Desa Balong Gebang Kecamatan Gondang, Sabtu dini hari (01,08). Api terus berkobar dan membesar hingga membuat lima rumah warga yang saling berdekatan ludes terbakar.

Kebakaran diperparah dengan bahan bangunan rumah milik warga yang rata-rata terbuat dari material kayu dan ditambah lagi hembusan angin yang cukup kencang. akibatnya api dengan cepat merembet dan membakar seluruh rumah. Warga dengan menggunakan alat seadanya, bahu membahu memadamkan kobaran api.

AKP Gendut, Kapolsek Gondang mengungkapkan, api pertama kali muncul dari rumah salah satu warga dan merembet cepat ke rumah warga lain yang jaraknya saling berhimpitan. Tercatat lima rumah dan dua kandang sapi ludes terbakar. Dugaan sementara kebakaran dipicu dari konsleting arus listrik.

“Diduga api berasal dari rumah salah satu warga akibat konsleting listrik “ujar AKP Gendut Wisongko, Kapolsek Gondang
Ironisnya ketika kebakaran hebat terjadi, dua mobil PMK milik Pemkab Nganjuk datang terlambat karena satu mobil berada di Jombang untuk keperluan Muktamar NU. Sementara mobil lain mogok ketika akan berangkat ke lokasi. Kedua mobil PMK tiba kelokasi setelah api membakar rumah warga sekitar 30 menit.

Kepala PMK Nganjuk yang dihubungi melalui sambungan telpon mengeluhkan minimnya perhatian Pemkab Nganjuk terhadap peremajaan mobil PMK. Padahal tiap tahun pihaknya berulang kali mengajukan peremajaan mobil PMK agar mobil bisa bekerja optimal dan tidak mogok, namun hingga kini belum juga mendapatkan respon.

Keterangan Gambar : Kebakaran yang menghanguskan 8 bangunan di perkampungan warga di Desa Balong Gebang, Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk