ADAKITANEWS, Kota Madiun – Ratusan siswa tingkat sekolah dasar dengan mengenakan seragam pramuka nampak berteriak penuh semangat memberi support bagi rekannya. Sebagian lainnya, terlihat berlari penuh kegembiraan dalam kegiatan lomba ketangkasan dan lomba pengetahuan yang diikuti oleh sekitar 800 Pramuka Siaga se-Kota Madiun, Sabtu (19/08).

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Gulun Kelurahan Kejuron Kecamatan Taman Kota Madiun ini diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Madiun dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-56 dan HUT RI ke-72 tahun 2017.

Sekretaris Kwarcab Kota Madiun, Slamet Hariyadi mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menumbuh kembangkan semangat dan daya juang Pramuka sebagai generasi muda yang berkarakter.

“Kami adakan kegiatan ini sebagai proses menumbuh kembangkan semangat dan daya juang seorang Pramuka sebagai generasi muda yang berkarakter,” urai Hariyadi, kepada Tim Adakitanews.com di sela-sela perlombaan.

Masih menurut Hariadi yang bertindak sebagai koordinator panitia kegiatan tersebut, perlombaan itu menekankan peserta untuk mahir menggunakan tongkat dan tali yang diwujudkan menjadi sebuah tiang bendera. Dalam acara tersebut, juga digelar lomba cerdas dan cermat mengenai pengetahuan sejarah bangsa, dan lomba daur ulang agar siswa peduli terhadap lingkungan serta tidak membuang sampah sembarangan.

Hariadi menambahkan, ada nilai pendidikan yang ditonjolkan disini yaitu menumbuhkan kekompakan, kerjasama, saling percaya, dan juga kejujuran. “Kejujuran ditekankan karena mereka tanpa didampingi oleh pembina. Pembina hanya memberikan pendampingan saat berlatih di sekolah saja,” imbuh Hariadi.

Salah seorang peserta, Raissa Yusria Shabri, siswi dari MI Islamiyah Kota Madiun mengatakan rasa senangnya ikut lomba tersebut karena salah satunya bisa bertemu dengan banyak teman.

“Saya tadi ikut Lomba Pionering. Meski ada kesulitan tapi saya sangat senang bisa menyelesaikan lomba dan banyak bertemu dengan teman-teman yang lain, ” celoteh Raissa penuh ceria.

Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan rutin yang selalu diselenggarakan setiap tahun oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Madiun.(bud)

Keterangan gambar : Peserta lomba sedang menyelesaikan materi pionering dengan membuat tiang bendera dari tali dan tongkat.(foto : budiyanto)