ADAKITANEWS, Sidoarjo – Dalam rangka pengamanan lebaran, 919 personel gabungan dari unsur Polri, TNI, Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Satpol PP Pemkab Sidoarjo, Senkom, Polisi Militer hingga petugas pemadam kebakaran siap diterjunkan.

Apel gelar pasukan Operasi Ramadniya dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1437 H diselenggarakan di halaman Mapolres Sidoarjo, Kamis (30/06). Selain menerjunkan ratusan personel, dalam rangka libur lebaran, juga akan didirikan 10 pos pantau serta 2 pos pelayanan mudik yang tersebar di beberapa kawasan di Kabupaten Sidoarjo.

Diketahui, ratusan personel tersebut akan diterjunkan ke sejumlah titik kerawanan, baik kriminalitas, kemacetan dan maupun kecelakaan. Operasi Ramadniya tersebut rencananya akan dilaksanakan selama 16 hari, mulai Kamis (30/06) hingga Jumat (15/06) mendatang.

Dalam apel gelar pasukan tersebut, Kapolres Sidoarjo, AKBP Muh Anwar Nasir mengatakan bahwa untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat khususnya saat libur lebaran, seluruh personel gabungan akan disiagakan di setiap pos yang sudah didirikan. “Gelar personel gabungan ini dalam rangka untuk persiapan pengamanan bulan suci Ramadan serta Hari Raya Idul Fitri. Kami menerjunkan total 919 personel gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, PMK, Polisi Militer dan Senkom,” kata AKBP Anwar.

Dijelaskan, wilayah yang dianggap rawan kriminalitas diantaranya adalah tempat keramaian umum seperti terminal. Sedangkan untuk daerah yang rawan kemacetan serta rawan kecelakaan yakni mulai dari Jalan Raya Taman hingga Jalan Raya Tarik, utamanya di Jalan Raya Balongbendo.

Saat menjalani mudik lebaran, masyarakat diimbau untuk tidak lupa memeriksa kondisi keamanan rumahnya sebelum ditinggalkan. Selain itu, masyarakat juga diharap untuk melapor ke aparat setempat, dan bila perlu meminta seseorang yang dipercaya untuk menjaga rumahnya selama mudik lebaran.(kur)

Keterangan gambar: Apel gelar pasukan persiapan pengamanan mudik lebaran.(ist)