ADAKITANEWS, Blitar – Jumlah Calon Jemaah Haji (CJH) Asal Kabupaten Blitar untuk keberangkatan tahun 2018 sudah terdata. Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Blitar, Syaikul Munib mengatakan, untuk saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan ibadah haji tahun 2018. Pihaknya juga memastikan sudah mendapat sebanyak 930 data calon jemaah haji yang diestimasikan akan berangkat pada tahun 2018 nanti.

“Data yang kita punya saat ini ada 930 calon jemaah haji yang akan kita berangkatkan tahun 2018,” kata Munib, Sabtu (23/12).

Munib mengakui, jumlah ini tidak mengalami perubahan baik itu untuk penambahan atau pengurangan yang signifikan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, jumlah ini juga sudah sesuai dengan pengembalian kuota secara nasional dan juga penambahan secara nasional.

“Jumlah ini diperkirakan masih bisa berkurang jika suatu saat nanti ada jemaah yang mengundurkan diri atau mutasi keluar. Tapi juga bisa bertambah saat ada tambahan jemaah lansia dan mutasi masuk serta penggabungan suami istri atau mahrom,” jelasnya.

Lebih lanjut Munib menjelaskan, meningkatnya jumlah jemaah haji yang meninggal dunia selama pelaksanaan ibadah haji membuat Kementerian Kesehatan membuat aturan baru untuk istitoah atau kesehatan jemaah haji, yang harus dipersiapkan lebih awal yakni 2 tahun sebelum keberangkatan.

“Selain calon jemaah haji tahun 2018, saat ini kita bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan persiapan kesehatan kepada 900 lebih calon jemaah haji tahun 2019 nanti,” pungkasnya.

Menurutnya, hal ini juga berlaku bagi calon jemaah haji lansia yang selama ini justru hanya memiliki waktu yang singkat untuk persiapan kesehatan karena pengumuman keberangkatan yang terlalu mepet. Dan saat ini mereka sudah mulai melakukan persiapan istitoah kesehatan masing-masing.

“Meskipun sudah melakukan persiapan kesehatan, persiapan yang dilakukan CJH 2019 tidak sedetail dan sebanyak CJH tahun 2018 saat ini,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Syaikul Munib, Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Blitar.(foto : fathan)