Ada Apa Di Balik Perubahan PD Aneka Usaha?

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Selama ini diketahui Perusahaan Daerah (PD) Aneka Usaha memang memiliki kontribusi kecil dalam hal pendapatan. Meski telah ikut mengelola gas dari Lapindo Brantas Inc, PD Aneka Usaha masih belum bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sidoarjo. Bahkan, perusahaan milik Pemkab Sidoarjo tersebut ternyata mempunyai hutang pembayaran gas ke Lapindo Brantas Inc sejak tahun 2015 lalu. Namun kini, Pemkab Sidoarjo malah mengajukan perubahan Perda agar PD Aneka Usaha berubah menjadi PT (Perseroan Terbatas).

Upaya perubahan status tersebut menuai pertanyaan dari kalangan legislatif. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidoarjo menilai, ada maksud tersembunyi di balik pengajuan perubahan Perda tersebut.

Dikonfirmasi awak media, anggota Pansus Raperda Perubahan PD Aneka Usaha menjadi PT, Sudjalil mengaku masalah itu masih akan dibahas oleh Pansus. Sudjalil yang juga merupakan Sekretaris Komisi B tersebut menegaskan, harusnya jika ingin mengembangkan Aneka Usaha, bisa minta tambahan modal ke Pemkab. Sudjalil, mengaku sempat heran bila perubahan PD Aneka Usaha menjadi PT ditengarai karena adanya tambahan modal swasta atau perorangan. “Kalau Badan Usaha, seratus persen pendanaannya dari Pemkab Sidoarjo,” ujarnya.

Sudjalil mengaku akan mengkritisi Raperda tersebut dan ingin mengetahui dasar pengajuannya. Pasalnya selama ini, PD Aneka Usaha hanya mengandalkan dua kegiatan usaha yakni percetakan serta pengelolaan gas. Namun belakangan, ada usaha properti di pusat bisnis Jalan Gajah Mada. Sudjalil juga tidak yakin jika setelah menjadi PT, perusahaan tersebut akan mampu menaikkan pendapatan usahanya.

Seperti diketahui, Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah mengatakan, perubahan status PD Aneka Usaha menjadi PT dilakukan agar perusahaan milik daerah tersebut bisa terus menghadapi persaingan bisnis dengan perusahaan-perusahaan lain. Diantaranya juga menambah jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Dengan perubahan itu diharapkan Aneka Usaha mampu bersaing bisnis dengan PT-PT lain dan bisa menambah PAD,” ujar Abah Saiful kepada sejumlah awak media usai mengikuti rapat paripurna, Senin (06/06).(kur)

Keterangan gambar: Logo Pemkab Sidoarjo.

Recommended For You