Ada “Kampung IT” di Kota Kediri

839

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar melaunching program Kampung IT Kediri dan Workshop Java Programming di Kampus 1 Poltek Kediri, Senin (13/11).

Walikota yang akrab disapa Mas Abu itu mengatakan bahwa program Kampung IT seperti ini baru pertama kali ada di Indonesia, yaitu Kota Kediri. Ia berharap program tersebut akan terus berlanjut dan semakin meningkatkan kompetensi para programmer, khususnya yang ada di Kota Kediri.

“Semua sudah menggunakan teknologi IT. Di Kota Kediri saat ini sudah menggunakan layanan berbasis online. Seperti Suara Warga Kota Kediri (Surga), administrasi kependudukan, perizinan online, PBB online, dan lain-lain. Harapan saya dengan adanya program IT ini setidaknya pelayanan kepada masyarakat yang berbasis IT dapat semakin dimudahkan,” katanya.

Mas Abu juga berpesan kepada para peserta workshop untuk menularkan ilmu yang didapatnya kepada masyarakat luas, dan nantinya bisa menjadi tutor di program serupa.

Workshop yang diikuti oleh 24 peserta dari dosen kampus yang ada di Kota Kediri tersebut diselenggarakan selama dua sesi. Sesi pertama yakni pada 13 – 17 November 2017 di kampus 1 Poltek Kediri, sedangkan sesi kedua diadakan pada 20 – 25 November 2017 di Kampus 1 Universitas Nusantara PGRI (UN PGRI) Kediri.

Dalam acara launching itu, juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara Poltek Kediri dan Wirasoft. CEO Wirasoft Consulting, Rudolf Wirawan mengatakan, materi dalam program Kampung IT tersebut nantinya akan diarahkan kepada IT Enterprice.

“Sedangkan nantinya programming ini benar-benar diarahkan supaya kita bisa berpartisipasi ke arah luar. Mudah-mudahan Kota Kediri benar-benar terjadi Silicon Valley. Sebenarnya semua tidak susah apabila mau melangkah,” ujar Rudolf Wirawan yang juga merupakan Vice President Indonesia Diaspora Network Australia, sekaligus sebagai pemateri launching Program Kampung IT Kediri.

Untuk diketahui, dalam launching tersebut hadir Ketua Kadin Kota Kediri, HM Sholikin, perwakilan Bank Indonesia cabang Kediri, Perwakilan Bank Jatim Cabang Kediri, Ketua Sanyuri Kota Kediri, Drs Setyohadi, perwakilan Diskominfo, Direktur Politeknik Kediri, Rektor Kampus UN PGRI Kediri, Cahaya Surya, STIMIK, UNIK, serta 24 peserta dari dosen, mahasiswa serta alumni Poltek.(adv/hms/kur)

Keterangan gambar: Penandatanganan MoU antara Poltek Kediri dengan Wirasoft.(dok. Humas Pemkot Kediri)