ADAKITANEWS, Kediri – Mantan Bendahara Desa Pojok Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, Ali Eko Sasongko diketahui telah memakai Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2016 senilai Rp 294.970.000. Uang itu habis dipergunakan untuk keperluan pribadi.

Ditemui Tim Adakitanews.com di kantornya, Kepala Desa (Kades) Pojok, Darwanto mengaku sebenarnya tidak ingin banyak bicara terkait permasalahan tersebut. Pasalnya, hal itu merupakan tanggungjawab Kades yang lama.

Darwanto yang baru dilantik pada Jumat (03/03) kemarin juga mengaku tidak mau ambil pusing dan sudah melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan Wates, selaku atasan di wilayahnya. “Saya sebenarnya tidak mau banyak ekspose masalah tersebut. Karena memang kemarin, Kamis (16/03) pihak kami juga sudah dimintai keterangan oleh Kejaksaan yang tiba-tiba datang ke desa kami,” cakapnya.

Darwanto menambahkan, memang Ali Eko Sasongko sudah mengakui kalau uang tersebut dipergunakannya secara pribadi. “Katanya hari ini (mantan bendahara,red) mau angsur Rp 100 juta. Namun kenyataannya hingga sore belum juga datang memberikan uang tersebut. Saya sejak dilantik jadi Kades, Senin (03/04) kemarin, memang sudah ada surat pernyataan, yang isinya ia akan mengembalikan pada tanggal 20 Maret. Karena ia sudah menyatakan mengundurkan diri dari jabatan Bendahara Desa Pojok, langkah saya kedepan terlebih dahulu koordinasi dengan atasan saya yaitu Kecamatan Wates, nanti baru saya berani menindaklanjuti,” imbuhnya.

Terpisah Ketua RT 16/RW 4 Desa Pojok, Handoko mengatakan, dulu sekitar bulan Juli 2016 Ali Eko Sasongko memang merangkap menjadi Kaur Keuangan Lelang, dan saat itu hasil dari lelangnya sekitar Rp 450 juta lebih. Namun oleh Ali Eko, hanya memasukkan ke rekening Desa sebagian. “Setahu saya ia (mantan bendahara,red) masih membawa uang sekitar Rp 294,970 juta. Ini sangat merugikan bagi masyarakat maupun Negara, karena menghambat proses pembangunan di Desa Pojok. Saya hanya bisa berharap uang itu segera dikembalikan,” pungkasnya.

Sementara ketika hendak dikonfirmasi, Mantan Bendahara Desa Pojok, Ali Eko Sasongko, yang kini menjadi pamong desa setempat tidak memberikan komentar apapun, dan justru pergi menghindar.(kdr4)

Keterangan gambar : Salah satu proses pembangunan di Desa Pojok Kecamatan Wates Kabupaten Kediri yang terhambat pendanaan, dan Kepala Desa Pojok, Darwanto.(foto:fasihhuddin kholili)