ADAKITANEWS, Kediri – Proses administrasi di balai desa Rembangkepuh macet total lagi. Hal ini dipicu karena Sholikin, Kepala Desa Rembangkepuh tidak masuk kantor lagi. Sedangkan Penjabat (Pj) kepala desa yang ditunjuk Pemerintah Kabupaten Kediri sudah tidak berani masuk kantor lantaran tidak dikehendaki keberadaannya oleh warga.

Salah satu perangkat Desa Rembankepuh, Abu Syamsudin menjelaskan, matinya proses administrasi di kantornya sudah terjadi sejak Selasa, (05/04) lalu. “Setelah dari DPRD Kabupaten tanggal 5 April 2016 lalu, beliau (Sholikin,red) sudah tidak kelihatan masuk kantor lagi. Beliu merasa tidak ada dasar hukum untuk masuk kantor lagi, sudah diberhentikan oleh Pemkab,” kata Abu Syamsudin saat diwawancarai Tim Adakitanews.com.

Abu juga mengatakan Slamet Rahmadi, Pj kepala desa yang diangkat Bupati hanya masuk kantor 2 kali. Itupun hanya hanya 10 menit. Apalagi setelah insiden pengusiran oleh warga yang tidak menghendaki keberadaan Slamet Rahmadi. “Karena keberadaannya tidak dikehendaki warga. Kami hanya berharap mudah-mudahan masalahnya cepat selesai,” ungkapnya.

Keadaan ini menurut Abu menjadikan administrasi di balai desa macet. Terutama untuk administrasi dengan kategori berat seperti pembuatan KTP, KK macet total. “Kalau untuk administrasi yang ringan kami bisa, kalau membuat KTP atau KK dan seperti sertifikasi tanah kami tidak berani,” katanya.

Sementara itu pihak Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Kabag Humas Pemkab Kediri, M Haris Setiawan belum bisa dimintai konfirmasi terkait kemacetan administrasi di desa Rembangkepuh. Edy Suprapto, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kediri saat dimintai keterangan terkait hal ini mengaku hanya mampu melakukan pendampingan kepada warga. “Kami hanya bisa melakukan pendampingan saja,” ungkapnya

Seperti yang sudah diketahui, Rabu (17/02) lalu Kepala Desa Rembang kepuh, Sholikin tidak terima dengan keputusan Bupati tentang pemberhentiannya. Lalu pada Kamis (03/03), terjadi pengusiran oleh warga kepada Pj Kepala Desa yang ditunjuk Bupati.(Zam)

Keterangan gambar: Suasana di kantor Balai Desa Rembangkepuh.