width=

ADAKITANEWS, Kediri –Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Kediri dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo digelar di ruang Kilisuci gedung dewan, Rabu (16/08) pagi.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Kabupaten Kediri, H Sulkani mengajak seluruh warga Kabupaten Kediri untuk kerja bersama, bersatu padu menjaga dan memelihara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari segala bentuk ancaman disintegritas bangsa.

Bersama Bupati Kediri, dr Hj Haryanti Sutrisno, jajaran Forkopimda Kabupaten Kediri serta seluruh pejabat dan anggota DPRD di Kabupaten Kediri, agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT RI ke-72 berlangsung hening dan khidmat.

Ketua Dewan mengatakan, bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Dan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya. “Jangan sekali-kali merupakan sejarah. Karena sejarah membuktikan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia bukanlah sebuah hadiah dari negara lain, tapi merupakan hasil perjuangan panjang para pahlawan bersama seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Sebelum mendengarkan pidato Presiden, Sulkani juga meminta kepada seluruh undangan yang hadir untuk merenungi makna HUT kemerdekaan yang sudah 72 tahun tersebut. “72 tahun Indonesia merdeka adalah rahmat tak ternilai harganya dari Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa,” tambahnya.

Ia juga mengatakan bahwa Indonesia merdeka adalah suatu jembatan untuk mewujudkan semua harapan. “Bekerja bersama untuk kemakmuran seluruh bangsa. Hanya bangsa yang mau bekerja, akan menjadi bangsa yang makmur,” imbuhnya.

Dalam pidato kenegaraannya, Presiden mengingatkan betapa pentingnya nilai-nilai kemerdekaan. DPRD dan Pemerintah Daerah merupakan pengemban amanat rakyat yang diminta bekerja lebih keras lagi untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan, yakni kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Sesuai dengan tema HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 yakni Indonesia Kerja Bersama, fokus kinerja yang disampaikan Presiden adalah mengarah pada penuntasan kemiskinan, serta peningkatan pembangunan di daerah.(adv/dprdkabkediri/udn)

Keterangan gambar : Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam acara mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia.(ist)