ADAKITANEWS, Tulungagung – Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM) Tulungagung, menggelar aksi galang dana peduli untuk Rohingya, Jumat (08/09). Aksi ini merupakan bentuk keprihatinan atas tragedi yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar.

Aliansi yang terdiri dari elemen masyarakat Relawan Nusantara Penanggulangan Bencana Laznas LMI, HMPI Tulungagung, Generasi Baru Indonesia, Berbagai Nasi Tulungagung, Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Aqsha dan Aksi Cepat Tanggap ini melakukan aksi galang dana di sekitar Alun-alun dan masjid Al Munawar Tulungagung.

Koordinator aksi, Susanto mengatakan aksi penggalangan dana ini sebagai tanda rasa keprihatinan terhadap tragedi yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar. “Sedikitnya ada 30 relawan dari berbagai elemen masyarakat, kita libatkan dalam penggalangan dana ini,”ucap Susanto.

Aksi dimulai pukul 11.00 WIB, yang dimulai dengan orasi sambil membentangkan spanduk bertuliskan “Masyarakat Tulungagung peduli Rohingya. SAVE ROHINGYA”, hingga menjelang salat Jumat. Usai salat Jumat, aksi dilanjutkan hingga pukul 13.00 WIB.

Dalam orasinya, Susanto menyatakan krisis yang terjadi di Rakhine State telah menyebabkan ribuan warganya termasuk etnis Rohingya mengungsi ke Bangladesh. Dalam sepekan ini, militer Myanmar melakukan serangan besar – besaran terhadap etnis Rohingya, yang menyebabkan 130 jiwa dikabarkan meninggal. Sementara tak kurang dari 27.000 lainnya mengungsi. Selain itu sekitar 1.000 rumah juga terbakar.

Selama penggalangan dana di jalanan tersebut, banyak pengguna jalan yang melintas terketuk untuk menyumbang. Mereka memberikan donasi ke dalam kardus yang dibawa relawan. Bukan hanya masyarakat saja, anggota Polisi dan TNI yang melakukan pengamanan aksi juga turut ambil bagian ikut menyumbang.
Rencana dana yang terkumpul nanti akan disalurkan kepada pengungsi dan korban konflik di Myanmar melalui Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Laznas Nasional.

“Saat ini LMI bersama lembaga kemanusiaan yang lain yang difasilitasi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia akan segera menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk mereka,” pungkas Susanto.(ta1)

Keterangan gambar : Seorang anggota TNI, memberikan donasi untuk korban tragedi kemanusiaan etnis Rohingya di Myanmar.(ist)