Kediri(adakitanews.com)—Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Kediri diwarnai aksi bersih sumber air hingga penanaman pohon. Hal itu dilakukan guna merawat sumber mata air agar tetap terjaga kejernihannya.

Aksi tersebut dilaksanakan di Desa Krenceng Kecamatan Kepung, tepatnya di sumber air Wisata Ragil Kuning, Minggu (6/6/2021).

Kegiatan tersebut diikuti oleh beragam komunitas sosial dan lingkungan seperti Gusdurian, Komando, kelompok lingkungan Oleng-Oleng mahasiswa pecinta alam, aktivis lingkungan, serta masyarakat setempat.

Kepala Desa Krenceng, Sumari mengatakan, pihaknya mengapresiasi para pemuda yang peduli dengan lingkungan.

“Saya sangat apresiasi kepedulian anak-anak muda dengan aksi bersih sumber kali ini, selain bisa mengedukasi juga bisa menjaga dan merawat sumber dari mata air itu sendiri,” ucap, Sumari.

Sumari menuturkan, meski ia mengaku selama adanya sumber tersebut tidak pernah mengalami kekeringan namun pihaknya selalu menekankan agar upaya konservasi terus dilakukan utamanya bagi kelestarian lingkungan sekitar dan jangka waktu ke depan.

Ia juga berharap agar agenda seperti ini bisa terus dilakukan secara rutin. Selain bisa menjaga lingkungan, menurutnya juga bisa mengedukasi masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan.

“Terima kasih kepada seluruh relawan yang telah berkontribusi, semoga agenda seperti ini tidak hanya sampai disini saja,” tutur Kepala Desa Krenceng.

Koordinator lingkungan hidup dari Gusdurian Mojokutho Pare, Yusuf mengungkapkan acara ini sengaja digelar di tempat wisata sekalian untuk mengedukasi masyarakat pentingnya kelestarian lingkungan hidup.

“Selain menanam pohon dan bersih sumber kami juga adakan kemah lingkungan kemarin yang diisi kegiatan seperti teatrikal, pembacaan puisi, dan sarasehan,” terang Yusuf.

Dalam acara tersebut, jenis pohon yang ditanam meliputi pohon pulai dan beberapa pohon buah seperti alpukat, jeruk dan durian. “Selain penghijauan kalau sudah besar buahnya bisa dinikmati,” pungkasnya.(gar).