width=

Kediri(adakitanews.com)—Pemuda karang taruna Desa Gondang Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri menggelar aksi sosial di tengah pandemi Covid-19.

Aksi bakti sosial itu dengan cara membagikan ratusan nasi bungkus gratis kepada masyarakat umum.

Kegiatan bagi nasi bungkus gratis ini dilakukan rutin setiap hari Jumat di depan sekolahan SD Gondang. Acara dimulai pagi sekitar jam 07.00-08.00 WIB.

Aksi bakti sosial ini cukup unik. Karena, masyarakat boleh mengambil dan boleh mengisi ditempat yang sudah disediakan. Untuk kegiatan ini sudah rutin dilakukan selama 4 Minggu yang lalu.

Selain membagikan nasi gratis, pemuda karang taruna ini juga bagikan masker sebagai langkah edukasi kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Desa Gondang, Nuris Tianto mengatakan program ini adalah murni inisiatif dari pemuda karang taruna dan komunitas kere royal.

“Awalnya dari ide warga Desa Brenggolo Plosoklaten dan komunitas kere royal yang membuat kegiatan bagi nasi bungkus gratis. Kebetulan saya juga masuk di komunitas kere royal dan kemudian akhirnya saya meniru untuk mencoba membuat kegiatan Jumat Berkah ini,” ucap Kades Gondang,Jumat (2/7/2021).

Untuk kegiatan ini sudah rutin dilakukan selama 4 Minggu yang lalu. Sistem donasi yang dilakukan tidak mengikat, karena ada yang langsung mengirimkan nasi bungkus.

Nuris mengungkapkan pelaksanaan kegiatan bagi nasi bungkus ini ada pula donatur yang memberikan uang untuk dibelanjakan.

“Kalau yang memberikan uang ya kami belanjakan ke warung untuk membeli nasi bungkus. Sehingga semua merasakan. Untuk acaranya pembagian ini semuanya boleh mengambil, dan bersifat umum,” ungkap Nuris.

Dalam kegiatan tersebut, selain membagikan nasi bungkus gratis, para pemuda karang taruna ini juga membagikan masker kepada warga. Hal ini dikarenakan untuk antisipasi penularan Covid-19 yang masih tinggi di Kabupaten Kediri.

“Kami juga edukasi masyarakat agar mau memakai masker, agar terhindar dari pandemi Covid-19. Dan pandemi Covid-19 ini segera bisa berlalu,” tutur Nuris.

Nuris berharap dengan adanya kegiatan seperti ini akan terus dilanjutkan dan membuka kesadaran bersama warga agar mau berbagi di tengah pandemi Covid-19.

“Harapan kami ada donatur yang terus membantu masyarakat yang ekonominya terdampak pandemi Covid-19,” ujarnya.(Gar).