Ambigu, Pernyataan DPRD Kota Kediri Soal Tes Akademik SMA Negeri 2 Kota Kediri

IMG_20160224_110927-225x300ADAKITANEWS, Kota Kediri – Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kediri memberikan pernyataan yang membingungkan terkait permasalahan tes akademik yang akan diselenggarakan oleh SMA Negeri 2 Kota Kediri pada 14 Juni 2016 mendatang. Meskipun tanpa Peraturan Walikota Kediri, pihak DPRD secara tegas mengizinkan tes akademik untuk tetap diselenggarakan oleh pihak sekolah.

Reza Dermawan, Ketua Komisi C DPRD Kota Kediri yang membidangi pendidikan menjelaskan, pihak SMA Negeri 2 Kota Kediri beberapa waktu lalu sempat berkunjung ke kantor dewan untuk membahas sekaligus meminta izin menyelenggarakan tes akademik di sekolahnya pada 14 Juni 2016 mendatang. Ia menambahkan, setelah diskusi panjang dengan pihak sekolah, dirinya memberikan izin pelaksanaan tes akademik pada pihak penyelenggara meskipun tanpa perwali.

“Bagi SMA Negeri 2 Kediri tes akademik tidak masalah, silakan tetap dijalankan,” ungkap Reza Dermawan, Komisi C DPRD Kota Kediri, Kamis (02/06).

Menurutnya, meskipun izin sudah diberikan kepada pihak penyelenggara PPDB SMA 2 Negeri Kota Kediri tahun 2016. Tetap saja, pihak Komisi C DPRD Kota Kediri belum mendapatkan petunjuk teknis pelaksanaan tes akademik pada 14 Juni mendatang. “Soal teknis pelaksanaan kami belum menerima dari pihak penyelenggara,” jelasnya.

Sementara, Siswanto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri menjelaskan, semua peraturan tentang PPDB harus berdasarkan prosedur. Siswanto menambahkan, kalau tidak ada Perwali di setiap aturan kedinasan, maka tes akademik PPDB yang diselenggarakan oleh SMAN 2 Kota Kediri tidak boleh berlangsung. “Semua sudah diatur oleh Perwali, kalau tidak ada mana mungkin bisa kita melaksanakannya,” urai Siswanto, Rabu(01/06).

Untuk diketahui, sesuai keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri nomor 423.5/2196/419.42/2015 tentang petunjuk teknis PPDB, menyatakan penerimaan anak didik baru menggunakan sistem online real time bagi SMP, SMA, dan SMK. (blot)

Keterangan Gambar: Reza Dermawan Ketua Komisi C DPRD Kota Kediri.(Foto Dok. Adakitanews.com)

Recommended For You