ADAKITANEWS, Blitar – Tempat pertunjukan hiburan atau amphiteatre yang berada di Kawasan Wisata Penataran (KWP) dikhawatirkan cepat mengalami kerusakan. Berdasarkan pantauan di lokasi, kondisi tempat duduk penonton yang terbuat dari semen tampak pecah-pecah. Bahkan, saat turun hujan tempat duduk penonton tampak basah karena terdapat genangan air.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpar) Kabupaten Blitar, Luhur Sejati mengatakan, minimnya ketersediaan anggaran di kantornya berdampak pada kecilnya biaya perawatan Amphiteatre. “Anggaran di kita kan harus dibagi dengan kegiatan lain, maka biaya perawatan Amphiteatre memang sedikit,” kata Luhur, Senin (09/10).

Biaya perawatan untuk semua obyek wisata di Kawasan Wisata Penataran (KWP), kata Luhur, hanya dianggarkan Rp 50 juta setiap tahunnya. Jumlah tersebut sudah mencakup untuk perawatan Amphiteatre, kolam renang, candi dan sub raiser. Sedangkan untuk Amphiteatre hanya dianggarkan Rp 15 juta setiap tahun. “Jumlah tersebut, sebenarnya sangat kurang, tapi karena minimnya anggaran kami tidak bisa berbuat banyak,” ucapnya.

Dari anggaran tersebut, imbuh Luhur, hanya digunakan untuk perawatan seadanya yang tidak membutuhkan biaya besar, misalnya cat dan juga untuk biaya kebersihan area amphiteatre. Menurutnya, sedikitnya anggaran memaksa dirinya tidak bisa melakukan rehab atau perbaikan gedung. “Kalau ingin rehab, praktis harus mengajukan anggaran tambahan,” jelasnya.

Luhur menjelaskan, untuk mengantisipasi kerusakan, kedepan pihaknya akan menganggarkan dana untuk rehabilitasi, yakni untuk mengantisipasi genangan air di tempat duduk penonton, akan dipasang pipa yang bertujuan untuk membuang air dari tempat duduk ke saluran bawah. “Rencananya, tahun depan kami akan mengajukan anggaran untuk rehab tempat duduk,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Kondisi amphiteatre saat ini.(foto : fathan)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews20171009_175048-1024x766.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews20171009_175048-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,amphiteatre,Berita,blitar,pemkab blitar
ADAKITANEWS, Blitar - Tempat pertunjukan hiburan atau amphiteatre yang berada di Kawasan Wisata Penataran (KWP) dikhawatirkan cepat mengalami kerusakan. Berdasarkan pantauan di lokasi, kondisi tempat duduk penonton yang terbuat dari semen tampak pecah-pecah. Bahkan, saat turun hujan tempat duduk penonton tampak basah karena terdapat genangan air. Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan,...