ADAKITANEWS20150223_154609, Kediri – Pengucuran dana desa dari pemerintah pusat dipastikan akan molor. Pasalnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2014 masih dalam tahap revisi oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Padahal, DPRD Kabupaten Kediri sudah mempersiapkan Peraturan Daerah (Perda) untuk mengatur secara teknis pengalokasian dana itu. Namun revisi PP yang hingga kini belum selesai, membuat Perda itu juga mundur untuk disahkan.

“Yang jelas pengucuran dana desa kelihatanya mundur. Masalahnya PP 60 tahun 2014 masih sedang direvisi di tingkat DPR RI,” jelas Edi Suprapto, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kediri.

Dana Desa yang bersumber dari APBN adalah payung hukum untuk melaksanakan Perda Dana Desa. Karena, PP tersebut direvisi oleh Pemerintah Pusat maka Perda tentang Dana Desa belum bisa disahkan.

Dia khawatir jika Perda tersebut disahkan tapi Payung Hukum belum ada akan ada penyalahgunaan anggaran. Oleh karena itu, anggota dewan menunggu kejelasan dari PP nomor 60 tersebut agar tidak terjadi pembengkakan dalam anggaran

“Sementara Perda belum kita sahkan, karena ada perubahan di PP tersebut. Daripada nantinya mengubah lagi, lebih baik kita tunggu PP nya selesai direvisi,” lanjut Edi.

Edi berjanji, Perda tesebut segera disahkan dan pada tahun 2015 ini sudah dilaksanakan. “Tahun ini harus dilaksanakan, kalau tidak dilaksankan nanti kita tidak efektif dong dalam bekerja” tuturnya.

Selain itu, belum disahkan Perda tersebut mengakibatkan pembangunan daerah terhambat. Edi berharap kepada Pemerintah Pusat untuk segera menyelesaikan PP Nomor 60 tahun 2014 itu.

“Saran kami, Revisi tentang PP itu segera diselesaikan. Agar pembangunan di daerah ini tidak terhambat,” tuturnya.

Untuk diketahui, pemerintah akan menganggarkan dana sebesar Rp. 20,766 triliun untuk Dana Desa dalam APBNP 2015. Dana itu rencananya akan cair bulan April 2015. Namun karena ada revisi terhadap PP yang mengatur alokasi dana itu, hingga kini belum bisa dipastikan kapan dana tersebut akan dikucurkan. (zay)

Keterangan Gambar : Edi Suprapto Ketua Komisi A DPRD Kabuputen Kediri