width=

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Pemerintah Kota Blitar berencana melakukan pembenahan terhadap Pasar Pahing yang hingga saat ini masih banyak kios kosong karena sepi peminat. Tak tanggung-tanggung, Pemkot bahkan sudah menganggarkan Rp 300 juta untuk membenahi pasar tersebut.

Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Blitar, Ariyanto menjelaskan, pembenahan tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan minat penjual agar mau berjualan di Pasar Pahing. “Jadi nantinya itu akan kita tata biar dari luar itu kelihatan. Kalau sekarang kita lihat dari luar tidak kelihatan yang dalam itu bagaimana. Nah itu yang akan kita benahi,” jelasnya di Gedung Kusumawi Citro, Jalan S Supriyadi, Kota Blitar, Kamis (09/03)

Ariyanto mengilustrasikan, Pasar Pahing akan dirombak dengan konsep pembangunan seperti pasar ikan yang terletak di utara Stadion Soeprijadi Kota Blitar. “Jadi nanti bakal kita ubah seperti pasar ikan di utaranya stadion itu, biar tampak dari luar,” tuturnya.

Untuk diketahui, dari pantauan di lapangan, kondisi pasar pahing Kota Blitar, yang bertempat di Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar terlihat tak terurus. Di Pasar Pahing, banyak ditemukan kios yang masih kosong karena kurangnya peminat.

Ariyanto mengaku, pembangunan Pasar Pahing akan dilakukan mulai bulan April mendatang dengan anggaran sekitar Rp 300 Juta yang bersumber pada Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017. “Kalau sekarang masih proses lelang, dan April udah mulai dikerjakan,” tukasnya. (blt1)

 

Keterangan gambar: Pasar ikan Kota Blitar, yang dipakai proyeksi pembangunan Pasar Pahing.(foto: glorian)