ADAKITANEWS, Nganjuk – Anggota MPR RI dari Fraksi PAN, Eko Hendro Purnomo, S.Sos mensosialisasikan pentingnya pemahaman masyarakat terhadap 4 Pilar Kebangsaan. Sosialisasi yang diikuti oleh ratusan petani ini dilaksanakan di Desa Begendeng Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk, Minggu (16/04).

Tercatat lebih dari 150 peserta yang terdiri dari kelompok tani se Kabupaten Nganjuk dan elemen-elemen masyarakat lainnya. Eko Hendro Purnomo kemudian mengawalinya dengan menjelaskan tujuan kedatangannya tersebut yakni menjalankan tanggungjawab sebagai wakil rakyat untuk mensyiarkan peran dan fungsi dari 4 Pilar Kebangsaan.

“Bapak ibu semuanya harus paham empat Pilar Kebangsaan itu apa saja, lalu kita sebagai warga negara harus mengaplikasikan dalam setiap kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, saya yakin Negara Kesatuan Republik Indonesia ini akan semakin kuat,” jelasnya.

Eko Hendro Purnomo melanjutkan, bahwa empat pilar kebangsaan sebagai hal yang sangat mendasar dan esensial pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurutnya, keempat pilar tersebut tidak digeneralisasikan memiliki kesamaan kedudukan, melainkan eksplisit sesuai dengan kedudukannnlya masing-masing. “Jadi seperti ini, Pancasila itu sebagai dasar atau ideologi negara, UUD 1945 itu sebagai konstitusi, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara kita, sedangkat Bhineka Tunggal Ika itu sebagai semangat pemersatu bangsa kita,” tandas Hendro Eko Purnomo., S.Sos.

Kemudian, Eko Hendro Purnomo., S.Sos mensoroti dimana kondisi saat ini pemahaman dan penghargaan tentang kemajemukan mulai luntur. Oleh karenanya, Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini memandapat empat pilar kebangsaan ini begitu penting untuk dipahami seluruh elemen masyarakat.

Mendapat penjelasan ini, ratusan peserta yang hadir cukup antusias. Masyarakat sepakat akan ikut mensosialisasikan empat pilar kebangsaan itu kepada keluarganya dirumah. Di akhir sosialisasi, Eko Hendro Purnomo., S.Sos kemudian membagikan bantuan alat-alat pertanian kepada kelompom tani sesuai dengan aspirasi masyarakat beberapa waktu lalu.(Adv/Zay)

 

Keterangan Gambar : Anggota MPR RI dari Fraksi PAN, Eko Hendro Purnomo, S.Sos mensosialisasikan pentingnya pemahaman masyarakat terhadap 4 Pilar Kebangsaan.