mufid jbg@dakitanews Jombang – Anggota PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Jombang, M Mufid, berhasil merebut juara pertama dalam lomba karya jurnalistik (video) yang digelar Mabes Polri. Atas prestasi itu, jurnalis NET-TV wilayah Jombang ini berhak mendapat Tropi Kapolri, piagam penghargaan, serta tabanas sebesar Rp 15 juta.

Penyerahan hadiah tersebut dilakukan di Central Park Jakarta Barat, Jumat (19/12) siang. Hadir dalam acara tersebut Kapolri Jenderal Pol Sutarman dan Wakapolri Komisaris Jenderal Pol Badrodin Haiti. “Saya tidak menyangka, hasil liputan saya menjadi karya terbaik. Penyerahan hadiahnya siang tadi di Central Park Jakarta Barat,” ujar Mufid ketika dihubungi lewat ponselnya karena masih berada di Jakarta.

Mufid mengatakan, dalam lomba bertema ‘Terima Kasih Polisi-ku’ itu dirinya berhasil menyisihkan 113 peserta. Rinciannya, sebanyak 114 karya jurnalistik masuk ke meja panitia. Dari jumlah tersebut kemudian diseleksi hingga menyisakan 70 karya. Selanjutnya dikerucutkan lagi menjadi 21 nominator. Nah, dari jumlah tersebut kemudian diambil juara pertama hingga juara harapan.

Walhasil, liputan Mufid berjudul ‘Polisi Bantu Warga Kekeringan dengan Air Bersih’ mampu menyisihkan 113 peserta lainnya. Liputan tersebut, kata Mufid, berisi tentang upaya Polres Jombang mengirimkan bantuan air bersih untuk warga Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh. Berita tersebut juga ditayangkan di NET-TV pada November lalu. “Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak,” ujarnya.

Lomba karya jurnalistik foto dan video yang digelar Mabes Polri bekerjasama dengan Dewan Pengurus Nasional Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) dan NET-TV itu menghadirkan juri profesional di bidangnya. Mulai pakar fotografi dan videomaker, praktisi, serta pengamat kepolisian (Dewan Pers, Indonesia Police Watch, Kontras, Kompolnas, Komisi Penyiaran Indonesia). (Hanif).

Keterangan Gambar : Mufid, peraih penghargaan jurnalistik dari Kapolri