Antisipasi Kecelakaan di Tikungan Papar, Dishub Pasang Pagar Pembatas Jalan

pagar pembatas p (15)@dakitanews Kediri – Sering terjadinya kecelakaan di tikungan tajam jalan Nasional Desa Janti, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, Dinas Perhubungan berencana memasang pagar pengaman pembatas jalan di jalan rawan kecelekaan tersebut.  Jalur nasional yang menghubungkan Kota Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Nganjuk hingga Surabaya ini, di tikungan tajam jalur jalan raya tersebut dekat dengan sekolahan SMA.

Mbah Bejo, 55, warga setempat yang setiap bekerja menunggu di perlintasan kereta api, saat ditemui, Minggu (30/11) menuturkan jalan tikungan tajam di Desa Janti sering terjadi kecelakaan. Setiap pagi di jalan tersebut ramai dengan aktifitas pelajar yang akan masuk sekolah. “Memang sering terjadi kecelakaan. Jalur disini kan rmai ada bus, kendaraan besar dan kecil. Jalur tikungan itu menurut orang sini jalan kembar. Karena kalau dilihat dari kejahuan seperti kembar, “tutur Mbah Bejo.

Menurutnya, sering terjadinya kecelakan kurangnya penerangan cahaya malam. Dia berharap dari Dinas terkait akan segera member tindakan di jalur tersebut. “Di dekat jalan sebelah utara jika mau ke barat ada perkampungan. Terkadang orang yang lewat disini sering tertipu. Harap saya akan segera diperbaiki, “terangnya.

Kapolsek Papar AKP Kamsudi menuturkan jalur tikungan tajam yang selama ini kerap memicu kecelakaan jika ada lampu penerangan bisa memudahkan orang luar kota yang melintasi jalur tersebut dan mengurangi angka kecelakaan. “Kemarin hari Jumat di jalur tikungan tajam Desa Janti yangt rawan kecelakaan itu di survey oleh Dishub Kab Kediri, Satlantas Polres Kediri dan Pemerintah Kabupaten Kediri. Rencananya, Dishub akan menambah pagar pengaman pembatasan jalan, “papar AKP Kamsudi.

Sementara itu, Kasi Rekaya Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kediri Soehardi mengatakan, rencana akan di beri tambahan pasangan pagar pembatasan jalan akan di lakukan dalam waktu dekat ini. “Kita sudah survey. Nantinya pagar pengaman pembatas jalan akan kita tambahi lagi. Dan dip agar pengaman itu akan kami beri lampu yang kalau malam terkena sorotan cahaya bisa menyala, “jelasnya.

Pemasangan tambahan pagar pengaman pembatasan jalan bermaksud para pengguna jalan agar terhindar dari kecelakan. Dikatannya, jalur rawan kecelakaan tersebut para pengguna jalan sering terperosok ke parit. “Ya kami berharap setelah pemasangan pagar pembatas jalan ini mengurangi angka kecelakaan, “imbuh Soehardi.(adv/gar)

Keterangan Gambar :Tikungan tajam di Jalur jalan raya Desa Janti, Kecamatan Papar.

Recommended For You