ADAKITANEWS, Tulungagung – Libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 dijadikan momentum masyarakat Indonesia untuk berlibur. Hal ini pun berimbas terhadap tingginya permintaan masyarakat pada transportasi Natal serta Tahun Baru 2018, khususnya kereta api.

Sebagai antisipasi lonjakan penumpang saat libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) pun akhirnya mengoperasikan kereta api tambahan.

Kepala Stasiun Tulungagung, Murdianto menginformasikan, PT KAI akan mengoperasikan kereta api tambahan yaitu kereta api Brantas dan kereta api Matarmaja. “Brantas Tambahan, relasi Pasarsenen – Blitar PP, dan Matarmaja Tambahan, relasi Pasarsenen – Malang PP akan beroperasi setiap hari,” kata Murdianto, Senin (18/12).

Murdianto menjelaskan jumlah gerbong untuk kereta api tambahan tersebut adalah standar, atau sekitar enam gerbong atau sebanyak 700 tempat duduk. Dan kereta tambahan tersebut, juga sudah beroperasi sejak tiga hari yang lalu.

Tambah Murdianto, saat ini untuk tiket kereta api jarak jauh telah habis terjual. Termasuk untuk H-7 sampai dengan H-1 tahun baru dari Jakarta untuk tujuan Tulungagung. Sementara penjualan tiket untuk kereta api lokal, juga sudah mengalami peningkatan yang signifikan.

Diprediksikan puncak angkutan Natal bakal terjadi pada tanggal 23 dan 24 Desember 2017 dan arus balik Natal terjadi pada 26-27 Desember 2017. Sedangkan puncak angkutan tahun baru, diprediksi terjadi pada tanggal 29 dan 30 Desember 2017, dan arus balik pada tanggal 1 dan 2 Januari 2018.(bac)

Keterangan gambar : Suasana di stasiun kereta api Tulungagung.(foto : acta cahyono)