width=

ADAKITANEWS, Jombang – Kepolisian Resort Jombang menggelar razia terhadap penjual jasa penukaran uang yang mulai banyak bermunculan di sejumlah jalan protokol di kota setempat. Razia dilakukan untuk mengantisipasi peredaran uang palsu menjelang lebaran mendatang.

Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto mengatakan, razia dilakukan sebagai langkah antisipasi untuk mencegah aksi curang yang mungkin dilakukan oleh penyedia jasa penukaran uang maupun para penukar. Diantaranya dengan menyelipkan pecahan uang palsu atau menukarkan uang palsu.

Tidak hanya polisi, razia juga melibatkan sejumlah petugas dari beberapa Bank yang ada di Jombang. Pemeriksaan dilakukan mulai dari keaslian dan keabsahan uang menggunakan alat sinar ultraviolet (UV).

“Yang kita laksanakan ini untuk mengantisipasi dan memberikan rasa aman kepada masyarakat Jombang yang membutuhkan uang dalam bentuk pecahan kecil jika ada oknum-oknum tertentu yang menggunakan kesempatan ini untuk menitipkan uang palsu agar beredar di masyarakat. Kita juga ketahui pernyataan dari Pemerintah meningkatnya peredaran uang palsu sampai 6 persen dibanding tahun lalu,” kata AKBP Agung Marlianto, Jumat (17/06).

Dalam razia itu, petugas melakukan penyisiran mulai dari Jalan Wahid Hasyim, Jalan Ahmad Yani hingga Jalan Gus Dur. Satu per satu uang milik penjual jasa penukaran uang dibongkar dan diperiksa. Salah satunya mendata identitas penyedia jasa penukaran uang tersebut.(Tari/Jati)

Keterangan gambar: Razia terhadap penyedia jasa penukaran uang pecahan di sepanjang jalan-jalan protokol kota Jombang sebagai antisipasi peredaran uang palsu (Upal).