pemeriksaan mobilADAKITANEWS Jombang – Pasca ledakan bom di Jakarta kemarin, Kepolisian Jombang, Jawa Timur, memperketat kualitas dan intensitas pengamanan di area Mapolres setempat.  Sejumlah petugas Polisi yang dilengkapi dengan senjata laras panjang disiagakan di depan pintu masuk Kantor Mapolres. Selain itu, sejumlah pengunjung dari masyarakat tidak luput dari pemeriksaan ketat petugas.

Pemeriksaan dan sterilisasi dilakukan mulai dari barang bawaan hingga kendaraan  pengunjung. Dengan menggunakan metal detector satu per satu pengunjung Mapolres Jombang diwajibkan antre untuk dilakukan pemeriksaan satu per satu.

Kepala kepolisian Jombang, Sudjarwoko, mengatakan, Pemeriksaan dilakukan hingga situasi dipastikan benar-benar aman dan kondusif.

“Ini kan kita berbicara masalah intesitas kegiatan, saat ini mungkin sehari tiga kali sampai empat kali, dan nanti kedepan tetap kita laksanakan mungkin satu kali sehari, dua hari sekali bahkan seminggu sekali. Nanti apabila kita melihat perkembangan situasi baik ditingkiat nasional maupun daerah dinyatakan aman”, Kata Sudjarwoko, Jumat (15/01/16).

pemeriksaan mobil 2Selain sterilisasi diarea Mapolres, Kepolisian Jombang juga menggelar razia kendaraan disejumlah titik masuk dan keluar wilayah Kabupaten Jombang. Seluruh kendaraan baik roda empat dan roda dua diperiksa oleh Polisi, termasuk barang bawaan pemilik kendaraan.

Razia dilakukan di area Taman Keplaksari, yang merupakan pintu masuk Kota Jombang dari arah Surabaya atau Timur serta halaman Kantor Satlantas, jalur dari arah barat atau Madiun menuju Surabaya.

Kepala Kepolisian Jombang, Sudjarwoko, mengatakan, Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dan meminimasilir ruang gerak pelaku teror  yang dimungkinkan melintas di wilayah Jombang. Sehingga hal serupa seperti kejadian bom Jakarta yang menewaskan sekitar tujuh orang termasuk lima pelaku dan dua warga sipil serta dua puluhan orang lainnya yang mengalami luka-luka tidak terulang dan bisa dicegah.(Tar/Jati)

Keterangan Gambar : Kendaraan pengunjung Polres Jombang diperiksa petugas dengan alat metal detector.