ADAKITANEWS, Kediri – Anggota Polsek Pagu melakukan pendataan serta penertiban pengunjung di tempat Wisata Sendang Tirto Kamandanu, Desa Pamenang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Hal itu dalam rangka antisipasi, agar tidak ada sarang pergerakan terorisme, Rabu (19/04).

Kapolsek Pagu, AKP Setijo Budi melalui Kasi Humas, Bripka Irwan Subagyo mengatakan, kegiatan penertiban dan pendataan ini dilakukan lantaran banyak pengunjung yang menginap di Sendang Tirto Kamandanu. Kata Bripka Irwan, para pengunjung terkadang tidak meminta izin kepada RT setempat kalau akan bermalam di tempat itu.

Selama ini diketahui bahwa lokasi wisata Sendang Tirto Kamandanu memang dipercaya oleh masyarakat sebagai tempat dimana Raja Kediri, Prabu Sri Aji Joyoboyo melakukan penyucian diri sebelum muksa ke alam kelanggengan (sebelum meninggalkan dunia).

“Kami bersama Babinsa dan Perangkat Desa setempat melaksanakan pendataan dan penertiban pengunjung Sendang Tirto Kamandanu, karena agar tidak kebobolan pergerakan terorisme,” cakapnya, Rabu (19/04).

Bripka Irwan juga menambahkan, tempat bersejarah akan terus disisir oleh petugas, lantaran Kapolsek Pagu menginginkan wilayahnya tetap aman dan kondusif.

“Tidak ada kegiatan pengunjung maupun masyarakat yang mencurigakan. Selain itu mereka juga menanggapi terkait pelaksanaan penertiban dan pendataan ini sebagai kegiatan yang positif,” imbuh Bripka Irwan Subagyo.(udn)

Keterangan gambar : Anggota Polsek Pagu, Babinsa dan Perangkat Desa setempat saat melakukan kegiatan.(ist)