ADAKITANEWS, Kota Madiun – Dua minggu menjelang hari Raya Idul fitri, Satlantas Polres Madiun Kota mengadakan cek kesehatan serta tes urine kepada sopir dan awak bus angkutan umum yang transit di Terminal Purboyo Madiun, Selasa (13/06) mulai pukul 09.00 WIB.

Kegiatan pengecekan kesehatan tersebut dipimpin langsung oleh Kasatlantas Polres Madiun Kota, AKP Purwanto Sigit R, dengan menerjunkan tim dokter dari Kepolisian. Pengecekan sendiri diambil dari kru bus yang masuk ke terminal secara acak, tanpa ada pemberitahuan.

Pemeriksaan kesehatannya meliputi tekanan darah, mata, serta paling utama adalah pengecekan urine untuk mengetahui kadar alkohol ataupun narkoba.

“Tujuan dari pengecekan ini untuk memastikan sopir dan awak bus angkutan dalam kondisi sehat terbebas dari pengaruh miras dan narkoba sehingga mampu membawa penumpang dengan selamat sampai tujuan,” jelas AKP Sigit kepada Tim Adakitanews.com di lokasi.

Hingga berita ini ditulis, belum ditemukan awak bus yang terindikasi memakai narkoba ataupun miras. Namun menurut AKP Sigit, jika nantinya ada penemuan maka akan dilakukan tindakan pemeriksaan lanjutan.

“Target pada hari ini kita akan memeriksa 25 awak bus, serta akan kami laksanakan secara berkelanjutan tanpa ada pemberitahuan,” tegas AKP Sigit.

Sementara terkait jalur rawan menjelang hari raya menurut Kasatlantas, untuk dalam kota meliputi ruas Jalan Pahlawan, Panglima Susunan depan Pasar Besar, penempatan rel Sukosasri, Simpan Lima Thamrin, serta depan Pos 901 Madiun yang merupakan titik konsentrasi aparat kepolisian.

Untuk jalur blackberry apit sendiri pihak kepolisian memetakan jalur Solo Jiwan sebagai trik konsentrasinya. “Untuk memberikan rasa aman, nyaman, menjelang hari raya nantinya Polres Madiun Kota akan mendirikan pos keamanan di beberapa titik serta akan menyertakan 210 personel gabungan,” ungkap AKP Sigit.(bud)

Keterangan gambar : Proses pemeriksaan awak bus di terminal Madiun.(foto : budiyanto)