ADAKITANEWS, Blitar – Memasuki awal tahun 2018 ini, sudah banyak calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Kabupaten Blitar yang mulai mendaftarkan diri. Bahkan berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Blitar, jumlah calon TKI yang mendaftarkan diri sudah mencapai ratusan orang.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar, Miftahuddin melalui Kasi Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar, Jarun mengatakan, di awal tahun 2018 ini tepatnya dalam periode satu bulan Januari pihaknya sudah melayani sebanyak 469 orang yang mendaftarkan diri untuk menjadi calon TKI.

“Sepanjang Januari lalu kita sudah melayani sebanyak 469 calon TKI yang mendaftarkan diri untuk bekerja di luar negeri,” kata Jarun, Kamis (08/02).

Lebih lanjut dijelaskan, dari ratusan calon TKI yang mendaftar ke kantor Disnaker Kabupaten Blitar, rata-rata mereka bertujuan ke negara Hongkong, Taiwan, Korea, Singapura dan Malaysia. Jarun menyebut, sebenarnya jumlah masyarakat Kabupaten Blitar yang berangkat ke luar negeri masih bisa bertambah lebih banyak setiap bulannya.

“Kalau jumlah TKI yang berangkat ke luar negeri bisa lebih dari data yang kita punya. Karena kan setiap orang yang ingin berangkat ke luar negeri bisa mendaftar melalui Disnaker yang ada di luar Kabupaten Blitar,” pungkasnya.

Jarun menambahkan, di tahun 2017 yang lalu jumlah TKI asal Kabupaten Blitar yang berangkat ke luar negeri mencapai 4476 orang. “Kalau selama tahun 2017 lalu, sesuai data yang kita miliki ada 4 ribu lebih TKI asal Kabupaten Blitar yang bekerja ke luar negeri,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Jaru, Kasi Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar.(foto : fathan)