ADAKITANEWS, Tulungagung – Mengawali tahun 2018, bencana puting beliung terjadi di Dusun Bandil Desa Tanjung Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung, Senin (01/01). Akibat peristiwa itu, belasan rumah warga dan sebuah tempat parkir masjid rusak bagian atapnya.

Suparno, salah seorang warga yang juga menjadi korban mengatakan, bencana puting beliung terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Dan saat kejadian, di wilayah tersebut diguyur hujan yang cukup lebat.

“Saat kejadian sekitar pukul 10.00 WIB, tiba-tiba dari arah utara muncul gulungan angin serta suara gemuruh menuju selatan, bersamaan hujan yang cukup deras. Gulungan angin itu menerjang rumah-rumah warga,” kata Suparno yang rumahnya juga menjadi korban puting beliung.

Setidaknya ada 15 rumah warga dan sebuah tempat parkir sepeda masjid di Dusun Bandil mengalami kerusakan tingkat sedang. Rata-rata kerusakan tersebut, terjadi pada atap genting dan asbes yang beterbangan dan rontok tersapu dahsyatnya puting beliung. Bahkan sebuah rumah, seluruh atap asbes terasnya terhempas terjangan puting beliung.

Sementara itu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung yang datang ke lokasi bencana langsung mengadakan pendataan terhadap rumah warga yang rusak.

“Saat ini masih dilakukan pendataan jumlah rumah warga dan fasilitas umum lainnya yang mengalami kerusakan, untuk segera mendapat bantuan dari pemerintah,” kata petugas BPBD Tulungagung, Gunawan.

Tambah Gunawan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Untuk sementara, kerugian material diperkirakan mencapai jutaan rupiah.(bac)

Keterangan gambar : Kondisi rumah warga dan tempat parkir di lokasi masjid yang diterjang puting beliung.(foto : acta cahyono)