Awas, Hewan Kurban Glonggongan

ADAKITANEWS2015-09-21_18.22.38, Madiun – Dinas Pertanian Kota Madiun terus melakukan pengawasan hewan kurban secara ketat. Pasalnya, dalam pantauan yang dilakukan sejak awal September lalu, petugas menemukan hewan kurban glonggongan.

Menyikapi persoalan tersebut pihak Dinas Pertanian Kota Madiun meminta kepada penjual atau peternak agar hewan itu tidak diperjualbelikan, jika kondisi hewan masih sakit.

Ada temuan hewan kurban di peternak diglonggong. Atas temuan itu kami minta agar hewan itu (kambing) tidak diperjualbelikan dulu. Menginggat waktu lama dan cukup untuk disembuhkan, hewan itu perlu mendapat perawatan dengan pemberian obat,” jelas seorang petugas peternakan Dinas Pertanian Kota Madiun yang tidak mau disebutkan namanya saat ditemui disela-sela inspeksi hewan kurban, Senin (21/9).

Merasa terlanjur memberikan informasi, petugas itu enggan memberikan keterangan menyangkut lokasi peternak yang melakukan glonggong hewan kurban. “Wah, maaf, maaf. Saya jangan dijadikan sumber berita, silahkan ke atasan saya saja,” ujarnya sembari menghindar. Petugas kali ini melakukan inspeksi peternak kambing di Kelurahan Rejomulyo dan Kelurahan Kanigoro, Kecamatan Kartoharjo.

Pengakuan serupa disampaikan, peternak Sardi di Kelurahan Kanigoro menyatakan saat membeli sejumlah kambing untuk kurban sebulan lalu, sempat mendapatkan satu kambing dalam kondisi diglonggong. “Saat itu, saya membeli dari Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo. Tahu itu, saya langsung meminta bantuan petugas peternakan dan diberi obat dan kini kondisinya membaik,” jelasnya.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Kota Madiun drh Cahyanirini Budiarti mengatakan inspeksi dilakukan untuk memberikan jaminan akan kesehatan hewan kurban. “Penyakit sering ditemui petugas berupa iritasi mata, akibat banyaknya debu. Pengobatan diberikan dengan tetes mata,” ujarnya.

Inspeksi serupa, dilakukan selama beberapa hari pada sejumlah peternak maupun pedagang hewan kurban . “Penyakit lain ditemui seperti mencret akibat pemberian pakan yang tidak benar dan tidak diobati. Namun jumlahnya kecil,” ujarnya. Menyinggung adanya temuan hewan kurban glonggoan, ia enggan memberikan jawaban. (UK)

Keterangan Gambar : Petugas peternakan dari Dinas Pertanian Kota Madiun tengah melakukan pengecekan kesehatan untuk kurban di peternak Kelurahan Kanigoro, Kecamatan Kartoharjo.

Recommended For You