Baca Alquran, Dapat Pahala Plus Pijat Gratis

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Beribadah di bulan Ramadan menjadi momen paling dicari bagi setiap umat Islam lantaran bisa mendapatkan pahala yang berlipat-lipat. Namun siapa sangka, saat menjalani ibadah, ada nikmat tersendiri yang langsung bisa dirasakan. Salah satunya saat membaca Alquran di Masjid Al Abror Kelurahan Pekauman Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo.

=========

Seperti kebanyakan masjid pada umumnya. Tempat ibadah umat Islam yang berada tepat di dekat lokasi pertokoan ini selalu ramai dikunjungi masyarakat. Terlebih saat bulan Ramadan. Bukan hanya lantaran tempatnya yang bersih dan nyaman, tetapi masjid yang bangunannya didominasi warna hijau ini ternyata menyediakan servis unik kepada jamaahnya yang kebetulan sedang mengisi waktu puasanya dengan membaca Alquran.

Di serambi masjid, biasanya menjelang waktu salat asar, terlihat beberapa jamaah duduk santai melafalkan ayat-ayat suci Alquran. Beberapa diantaranya memilih tempat yang nyaman, yakni dekat dengan tiang-tiang penyangga masjid untuk bersandar. Sebagian lainnya memilih berada di ruang tengah yang beralaskan karpet dengan kipas angin di atasnya.

Tetapi ada yang berbeda saat itu. Tepat di belakang jamaah yang sedang membaca Alquran, tampak anak-anak seusia sekolah dasar berdiri sambil memegang pundak para jamaah. Ternyata, anak-anak tersebut sedang memberikan servis pijat gratis bagi jamaah yang kebetulan singgah di masjid dan membaca Alquran.

Belasan siswa tersebut berasal dari SD Muhammadiyah 8 Tulangan Sidoarjo yang sedang mengkampanyekan ajakan kepada masyarakat Sidoarjo untuk mengoptimalkan ibadahnya, khususnya di bulan suci Ramadan. Salah satunya dengan membaca Alquran.

Selain mengajak untuk lebih giat melakukan ibadah, para siswa SD Muhammadiyah 8 Tulangan Sidoarjo juga mengajak para jamaah mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk kepentingan ibadah. Salah satunya menggunakan gadget mereka yang memiliki aplikasi Alquran digital untuk dibaca di dalam masjid.

Aksi bertajuk “Ayo Manfaatkan Gadget untuk Ibadah” tersebut disampaikan oleh guru agama SD Muhammadiyah 8 Tulangan Sidoarjo, Achmad Nova Efendi yang mengatakan bahwa mereka sengaja memberikan servis pijat kepada jamaah agar lebih semangat membaca Alquran. “Setelah menunaikan ibadah salat Zuhur serta sekaligus memanfaatkan jam istirahat, banyak para pekerja yang tidur-tiduran di masjid. Situasi inilah yang ingin dimanfaatkan para siswa untuk mengajak masyarakat membaca Alquran digital, plus mendapat pijatan gratis,” ujarnya.

Upaya para siswa tersebut ternyata juga bertujuan meminimalisir penggunaan gadget untuk sesuatu yang tidak penting, khususnya di bulan Ramadan. “Daripada dibuat maksiat, misalnya BBM atau Facebook-an saja, lebih baik ponselnya dipakai untuk mengaji,” cetus Hartono Putra, salah satu siswa yang masih duduk di bangku kelas 6 ini.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Al Abror, As’ari Nasir mengaku, kegiatan yang dilakukan para siswa tersebut mendapat respon positif dari para jamaah. As’ari menegaskan, pemafaatan gadget untuk kepentingan ibadah memang sangat baik lantaran saat ini banyak anak usia sekolah dasar yang keliru memanfaatkan kecanggihan teknologi. “Banyak kasus asusila yang dilakukan oleh anak di bawah umur akibat pengaruh gadget. Lebih baik, gadget dipakai untuk mengaji Alquran. Kegiatan ini perlu dicontoh oleh para orang tua dan siswa yang lain agar penggunaan gadget tidak disalahgunakan,” tegasnya.(rochmatullah kurniawan)

Keterangan gambar: Salah satu jamaah yang sedang membaca Alquran melalui gadget dipijat oleh siswa SD Muhammadiyah 8 Tulangan.(ist)

Recommended For You