Baliho Pasangan Calon Pilkada Tulungagung Dibongkar Paksa

568

ADAKITANEWS, Tulungagung – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Satpol PP Kabupaten Tulungagung melakukan pembongkaran baliho dan poster, bergambar pasangan calon peserta Pilkada Tulungagung 2018, Rabu (14/02).

Menurut Komisioner KPU Tulungagung, Agus Safei, sesuai dengan PKPU nomor 4 tahun 2017, atribut yang bergambar calon peserta Pilkada harus dibersihkan paling lambat 1 hari sebelum kampanye.

“Pembongkaran ini dilakukan karena belum memasuki masa kampanye. Hari ini merupakan hari terakhir pembersihan, karena masa kampanye baru akan dilakukan pada Kamis (15/02) besok,” kata Komisioner KPU Tulungagung, Agus Safei.

Sasaran utama yang menjadi target pembersihan adalah jalan protokol, seperti halnya di jalan Panglima Sudirman atau yang lebih popular dengan perempatan rumah sakit lama Tulungagung. Sedangkan yang menjadi prioritas pembongkaran adalah gambar calon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung. Sementara untuk calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, pihak KPU Tulungagung akan melakukan koordinasi dengan KPU Provinsi Jatim.

Selain menyisir jalan protokol, petugas juga bergerak ke tempat-tempat yang menjadi larangan dalam pemasangan alat peraga kampanye calon.

Diperkirakan jumlah baliho, poster maupun spanduk bergambar calon mencapai ratusan yang tersebar merata di beberapa tempat. Material tersebut milik calon yang telah ditetapkan oleh KPU Tulungagung sebagai peserta Pilkada Tulungagung yaitu pasangan Margiono – Eko Prisdianto dan pasangan Syahri Mulyo – Maryoto Birowo.

Kedua pasangan tersebut melakukan pemasangan baliho dan poster secara masif sejak masa pendaftaran. Bahkan Margiono, calon Bupati nomor urut 1 melakukannya sejak belum mendapatkan pasangan calon Wakil Bupatinya.

Sementara Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Tulungagung, Mustofa, menyatakan sudah ada komitmen antara KPU, Panwaslu, dan masing-masing pasangan calon untuk melakukan penurunan sejak mereka ditetapkan hingga sehari menjelang masa kampanye.

“Penurunan alat sosialisasi ini merupakan komitmen antara KPU, Panwaslu dan pasangan calon. Dan hari ini merupakan hari terakhir,” kata Anggota PPanwaslu Kabupaten Tulungagung, Mustofa.

Lanjut Mustofa, jika pihak pasangan calon tidak melakukan penurunan, maka KPU bersama Satpol PP yang akan menurunkannya hingga batas waktu pada pukul 24.00 WIB.(bac)

Keterangan gambar : Petugas melakukan pembongkaran Baliho pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung.(foto : acta cahyono)