ADAKITANEWS, Kota Blitar – Pengembangan pusat jual beli hewan di Pasar Dimoro Kota Blitar terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Kepala Disperindag Kota Blitar, Ariyanto mengatakan, pihaknya berencana akan membangun pasar hewan terpadu Dimoro dengan mendirikan bangunan anyar yang akan digunakan untuk penjualan burung.

Rencananya bangunan ini akan diletakkan di lahan kosong sebelah barat pasar, yang saat ini digunakan untuk lokasi parkir. “Untuk lokasinya kita rencanakan berada di sebelah barat pasar, yang saat ini jadi lokasi parkir,” kata Ariyanto, Senin (25/09).

Lebih lanjut Ariyanto menjelaskan, pengembangan Pasar Dimoro dengan membangun venue pasar burung di muka pasar merupakan program prioritas Pemkot Blitar untuk tahun 2018 mendatang. Sedangkan untuk mewujudkan hal itu, Pemkot Blitar telah mengajukan anggaran perbaikan pasar sebesar Rp 3 miliar yang bersumber pada APBD 2018 mendatang.

“Selain pasar burung, pasar sebelah timur nantinya juga akan kita kembangkan lagi. Salah satunya dengan penataan tempat penjualan sapi, kambing, dan juga ayam,” jelasnya.

Ariyanto menambahkan, pembangunan Pasar Dimoro sisi timur belum bisa dilakukan sekarang karena masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Walikota Blitar. “Untuk yang sebelah timur, kita masih menunggu petunjuk Walikota,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ariyanto, Kepala Disperindag Kota Blitar.(foto : fathan)