Banjir Meluas, Lima Kecamatan di Jombang Diterjang Banjir

banjir jombang 1ADAKITANEWS,  Jombang – Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Jombang, Jawa timur semakin  meluas. Hingga saat ini sudah sekitar lima kecamatan yang mengalami bencana banjir akibat diterjang dua suangi yaitu sungai Konto dan sungai Varnekel.

Lima kecamatan tersebut, Kecamatan Jombang Kota, Tembelang, Perak, Bandar Kedungmulyo, dan Kecamatan Kesamben.  Sejumlah pemukiman warga di kelima kecamatan itu terendam banjir hingga setinggi satu meter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Nurhuda, mengatakan, banjir disebabkan oleh meluapnya air sungai akibat tak mampu menahan debit air yang tinggi. Bahkan, beberapa titik sungai di Jombang mengalami jebol pada bagian tanggulnya setelah diterjang derasnya air akibat guyuran hujan deras yang terjadi sejak Kamis malam (31/12).

Puluhan ribu karung yang disiapkan langsung dibagikan kepada setiap pemukiman yang terdampak jebolnya tanggul sungai.  Saat ini, petugas dari kepolisian, BPBD, Tagana dan koramil ramai-ramai kerja bakti membuat penahan tanggul dari karung yang diisi tanah agar luapan air tidak semakin masuk ke rumah warga. Selain itu, petugas juga sudah menyiapkan lokasi pengungsian dan dapur umum untuk mengevakuasi warga korban banjir.banjir jombang 2

“Tapi kami sudah berupaya teman-teman dari Dinas Sosial sudah mengerahkan relawan Tagananya untuk mendirikan dapur umum. Bahan materialnya dari kami dan yang dari Dinas Sosial juga ada mereka punya perediaan makanan sudah dimasak”, kata Nurhuda, Jumat (01/01/16).

Akibat banjir, aktivitas warga menjadi lumpuh total. Sementara, Warga yang rumahnya kebanjiran mulai panik.  Pasalnya genangan air tidak juga surut  bahkan semakin meluas.  Mereka khawatir banjir akan semakin parah.

Selain menggenangi rumah-rumah warga, sejumlah titik ruas jalan provinsi juga sempak mengalami hambatan arus lalu lintas setelah tergenang hingga sekitar seratusan meter. Bahkan, arus dari arah Madiun menuju Surabaya sempat dialihkan petugas Polisi dengan berputar arah sekitar setengah kilometer.Tari/Jati

Keterengan Gambar : Meluas. Banjir rendam ribuan rumah warga di lima kecamatan di Kabupaten Jombang.

Recommended For You