ADAKITANEWS, Jombang – Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Jombang sejak Selasa (19/12) sore hingga malam, mengakibatkan sungai di Kecamatan Mojoagung meluap. Bahkan sebuah Desa di kecamatan tersebut terendam banjir hingga mencapai dua meter.

Pantauan Tim Adakitanews.com di Dusun Kebondalem Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang pada Selasa (19/12) malam, ketinggian banjir sudah mencapai pinggang orang dewasa. Dan saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang juga sudah mulai turun untuk melakukan evakuasi serta penyisiran ke rumah-rumah warga yang terdampak banjir.

Sekretaris BPBD Jombang, Ahmad Saiful Jabara mengatakan, ada beberapa desa di Kecamatan Mojoagung yang terdampak banjir. Tetapi menurutnya, kondisi terparah berada di Desa Kademangan. “Ada empat desa di Kecamatan Mojoagung. Di Desa Kademangan ini yang paling parah dan sudah menjadi langganan banjir setiap tahun,” ujarnya.

Masih dari penjelasan Sekretaris BPBD, ketinggian banjir kali ini sudah mencapai 2 meter. Hal tersebut diketahui setelah adanya laporan dari anggota serta melalui penelusuran langsung ke lapangan.

Banjir diketahui sudah menggenangi dua dusun di Desa Kademangan, yakni Dusun Kebondalem dan Dusun Pakunden. “Ketinggian terparah di Dusun Pakunden Desa Kademangan setinggi 1,5 meter hingga 2 meter,” paparnya.

Ahmad Saiful Jabara menyampaikan bahwa pihaknya akan terus melakukan monitoring ketinggian banjir dan aliran sungai yang melintasi Desa tersebut. Tak hanya itu, BPBD Jombang juga tengah fokus melakukan evakuasi terhadap warga.

Pihak BPBD sendiri mengaku telah menerapkan Rapid Assesment dan menurunkan 2 perahu karet ke lokasi banjir. “Kami terus berupaya monitoring ketinggian banjir dan fokus melakukan evakuasi warga,” tandasnya.

Sementara untuk tempat pengungsian sendiri, BPBD mengaku belum menentukan titik lokasinya.

Untuk diketahui, bencana banjir di wilayah Kabupaten Jombang sudah merendam 3 kecamatan, yakni Kecamatan Mojoagung, Kecamatan Mojowarno dan Kecamatan Bareng.(ar)

Keterangan gambar: Kondisi banjir di Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. (bawah) Sekretaris BPBD Jombang, Ahmad Saiful Jabara.(ar)