ADAKITANEWS, Jombang – Bencana banjir yang sempat menggenangi beberapa desa di Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang, Rabu (20/12) mulai berangsur surut. Musibah banjir tersebut sontak membuat sejumlah dermawan turut mendatangi lokasi banjir dan memberikan berbagai jenis bantuan.

Pantauan di lokasi bencana banjir di Dusun Sambilanang Desa Karobelah Kecamatan Mojoagung, sejumlah dermawan memberikan langsung bantuan kepada warga yang terdampak banjir. Dipilihnya Desa Karobelah sebagai tempat pemberian bantuan, lantaran merupakan lokasi yang tergolong parah terdampak bencana banjir.

“Kami sengaja memilih lokasi ini untuk penyaluran bantuan logistik, dikarenakan lokasi ini terbilang parah. Kondisi tersebut kami terima tadi malam dari warga sini,” ungkap Lailatul Ni’mah atau yang kerap disapa Ning Eli, selaku koordinator pembagian bantuan.

Sejumlah dermawan yang sengaja turun langsung ke lokasi bencana tersebut, terlihat membawa ratusan bingkisan berupa kebutuhan logistik pangan dan beberapa kebutuhan peralatan bayi. “Bantuan yang kami berikan berupa mi instan, kopi, gula, beras dan susu untuk bayi serta popok. Dan juga kami memberikan air mineral serta nasi bungkus yang sengaja kami bawa karena dari informasi, sejumlah warga dari semalam hingga hari ini belum bisa beraktivitas banyak karena dampak banjir,” papar Ning Eli yang juga merupakan anak dari Wakil Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab.

Selain bantuan logistik yang diberikan oleh warga terdampak musibah banjir, sejumlah dermawan tersebut juga turut menyampaikan dorongan moral kepada warga Desa Karobelah Kecamatan Mojoagung. “Kami juga memberikan dukungan pada para warga agar tetap sabar dan semangat meski musibah banjir ini selalu datang tiap tahun. Dan kami berharap kedepannya ada solusi untuk menangani musibah tahunan ini,” tandasnya.

Sebelum itu, bantuan juga diketahui telah disalurkan oleh berbagai pihak. Salah satunya yakni dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang di Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang pada Selasa (19/12) malam. “Kami juga sudah menyiapkan untuk bantuan logistik yang diperuntukkan oleh warga yang mengungsi di Balaidesa Kademangan,” tutur Sekretaris BPBD, Ahmad S Jabari saat ditemui Tim Adakitanews.com.(ar)

Keterangan gambar: Sejumlah Dermawan saat membagikan bantuan logistik ke rumah warga terdampak banjir di Kecamatan Mojoagung.(foto:adi rosul)