Banyak Pesan Moral Dalam Cerita Panji

1315

DSCF1246ADAKITANEWS, Kota Kediri – Dalam cerita Panji, memiliki banyak pemahaman dan pesan moral. Bukan sekedar harus sering dipertontonkan kepada masyarakat, namun harus berkelanjutan agar makna dari rangkaian cerita itu bisa diserap oleh masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh seniman sekaligus pemrakarsa Pagelaran Reyog Panji Bersih Desa, Dwi Aris Setiawan usai menggelar acara bertajuk Lingga Kadewatan Mandala Giri di kawasan Goa Selomangleng Kota Kediri, Minggu (08/05). Aris mengatakan, Panji memiliki banyak cerita dan pemahaman. Namun yang terpenting adalah pengangkatan cerita asli dari bumi Daha dan Jenggolo agar masyarakat tahu, ada sejarah penting dari tanah kelahirannya.

“Menurut saya, bukan hanya harus sesering mungkin digelar. Tetapi harus berkelanjutan agar pesan dan pemahamannya sampai kepada masyarakat,” ujarnya.

DSCF1108

Aris menambahkan, tidak ada yang membatasi pemahaman maayarakat tentang pesan-pesan yang terkandung dalam cerita panji. Bahkan, pementasan yang sering digelar oleh para seniman, merupakan wujud pemahaman dari masing-masing individu yang akhirnya disampaikan kepada masyarakat.

“Seperti pagelaran yang baru saja digelar. Mereka (para seniman,red) menampilkannya berdasarkan pemahaman mereka sendiri. Misalnya hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia lain, hingga keselarasan manusia dengan alam,” imbuhnya.

Berbagai pesan tersebut banyak terkandung dari ribuan cerita panji yang saat ini jarang didengar oleh masyarakat. Tentang kearifan yang dibawa oleh Dewi Kilisuci, hingga pendekatan kepada masyarakat yang selalu dilakukan dalam setiap penyamaran Raden Inu Kertapati.

“Semua memiliki makna yang baik. Salah satunya kerukunan antar umat beragama yang sejak dulu sudah dilakukan. Hal itu tercermin dengan adanya 2 situs di Goa Selomangleng yang berlatar belakang Hindu dan Budha,” pungkasnya.(kur)

Keterangan gambar: Salah satu pementasan dalam Pagelaran Lingga Kadewatan Mandala Giri, di Goa Selomangleng Kediri, Minggu (08/05).(foto: zayin)