ADAKITANEWS, Tulungagung – Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tulungagung saat ini masih terus melakukan evaluasi untuk mengoptimalkan serapan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari masyarakat, swasta, maupun badan/lembaga pemerintahan.

Meski pencapaian pembayaran pajak PBB dari masyarakat hingga saat ini telah mencapai sekitar 96,79 persen dari target 2017, atau sebesar Rp 26 miliar dari target sebesar Rp 27 miliar, namun masih ada kekurangan sebesar Rp 800 juta, atau tunggakan sebesar 3,21 persen.

“Kita masih ada tunggakan sekitar 3,21 persen, atau sekitar Rp 800 juta. Ini yang harus kejar untuk memenuhi target 100 persen,” kata Sekretaris Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tulungagung Sugiono, Jumat (06/10).

Sugiono menambahkan, dari penelusuran di lapangan tunggakan tersebut sebagian besar berasal dari wajib pajak yang tinggalnya tidak di Tulungagung, meskipun asetnya berada di Tulungagung.

“Kita harapkan wajib pajak segera menyelesaikan tanggungannya, karena jika tidak segera dilakukan pelunasan, maka akan kena beban denda sebesar 2 persen perbulan yang dihitung dari pajak terutang,” imbaunya.

Namun, Sugiono optimistis bisa mencapai target hingga akhir tahun 2017, karena masih memiliki sisa waktu dua bulan lebih. “Sebenarnya wajib pajak tergolong masih kooperatif, hanya saja kita menemui kendala teknis, karena tempat tinggal mereka berada di luar kota, ini yang harus kita selesaikan,” ungkap Sugiono.

Sugiono mengapresiasi tingginya serapan PBB selama kurun Januari hingga September 2017 yang mencapai 96 persen lebih tersebut. Selain menandakan tingginya kepatuhan masyarakat selaku wajib pajak, Sugiono juga menilai keberhasilan itu atas peran pemerintah desa/kelurahan yang menjadi ujung tombak koordinasi pengumpulan uang pajak tersebut.(ta1)

Keterangan gambar : Suasana loket pembayaran PBB (foto : http://dispenda.tulungagung.go.id)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews-1024x576.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,Pajak,pbb,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tulungagung saat ini masih terus melakukan evaluasi untuk mengoptimalkan serapan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari masyarakat, swasta, maupun badan/lembaga pemerintahan. Meski pencapaian pembayaran pajak PBB dari masyarakat hingga saat ini telah mencapai sekitar 96,79 persen dari target 2017, atau sebesar Rp 26...