width=

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Sekitar 30 mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Sidoarjo menggelar aksi demo di depan Gedung Dewan Pewakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sidoarjo, Rabu (01/06). Dalam aksi yang digelar bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila tersebut, mahasiswa menuntut dikembalikannya nilai-nilai Pancasila yang dianggap mulai luntur di Sidoarjo. Keprihatinan para mahasiswa tersebut akhirnya digambarkan dengan aksi salat berjamaah dan tabur bunga di depan pintu masuk kantor dewan.

Dengan membawa keranda yang tertutup bendera merah putih dan sebuah spanduk bertuliskan pertanyaan “Pancasila di Sidoarjo?”, puluhan massa menggelar orasi di depan kantor para wakil rakyat. Mereka menanyakan, apakah norma-norma yang terkandung dalam Pancasila masih ada di Kota Delta?

Ketua Cabang PMII Kabupaten Sidoarjo, M Mahmuda mengatakan hingga saat ini makna yang terkandung dalam Pancasila seakan telah sirna dari Kabupaten Sidoarjo. Mahmuda menilai, seluruh kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah selama ini dianggap belum bisa bersinergi dengan keinginan masyarakat.

Dalam rilisnya, massa PMII mencontohkan terkait biaya pendidikan yang selama ini masih belum bisa digratiskan oleh pemerintah. Padahal Pemkab Sidoarjo selalu berdalih bahwa pendapatan asli daerah (PAD) dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. “Kami berharap seluruh kebijakan yang diambil oleh pemerintah dikembalikan kepada norma-norma yang terkandung dalam Pancasila” ujar Mahmuda.

Permintaan massa yang mencoba menemui perwakilan anggota dewan juga gagal lantaran pihak legislatif hanya bersedia menemui pendemo yang mengenakan atribut PMII, padahal beberapa massa saat itu diketahui ada yang hanya berpakaian bebas. Sebaliknya, anggota PMII tetap menghendaki seluruh pendemo untuk bisa masuk ke dalam gedung dewan untuk menyampaikan aspirasi mereka. Setelah beberapa saat berunding, akhirnya massa mengalah dan meneruskan aksi di depan Monumen Jayandaru Alun-alun Sidoarjo.(kur)

Keterangan Gambar: Aksi salat berjamaah dan tabur bunga puluhan mahasiswa PMII Cabang Sidoarjo.(foto: kurniawan)